Sistem politik Indonesia


SISTEM POLITIK INDONESIA

Sistem politik di Indonesia dapat diartikan sebagai kumpulan atau keseluruhan kegiatan dalam Negara Indonesia yang berkaitan dengan keputusan umum termasuk proses penentuan tujuan, upaya-upaya dalam mencapai tujuan, pengambilan keputusan, seleksi dan menentukan skala proiritasnya. Sistem politik di Indonesia merupakan system politik yang di dasarkan pada nilai, prinsip, prosedur dan kelembagaan yang demokratis.

Dalam konteks ini lembaga Negara seperti MPR,DPR dan lainnya merupakan suatu organisasi yang terpola dengan memberikan jabatan pada orang-orang tertentu untuk menjalankan fungsi tertentu demi pencapaian tujuan masyarakat/Negara. Lembaga politik adalah perilaku politik yang terpola dalam bidang politik. Lembaga-lembaga Negara merupakan alat kelengkapan Negara. semua lembaga Negara itu akan bekerja sebagai suatu system untuk mencapai tujuan bangsa Indonesia yaitu mensejahterakan rakyatnya. Hubungan antar lembaga Negara itu merupakan suatu pusat politik.

Partai politik merupakan salah satu system politik yang ada di Indonesia. Karena setiap partai politik mempunyai anggotanya di parlemen. Selain itu partai politik (PARPOL) merupakan wadah bagi masyarakat yang ingin berperan aktif dalam bidang politik. Melalui badan-badan inilah masyarakat Indonesia bisa meyalurkan aspirasinya kepada pemerintah.

Warga Negara merupakan bagian yang paling penting dalam system politik, karena beberapa dari mereka yang terpilih merupakan orang yang akan menjalankan semua lembaga-lembaga politik dan partai politik. Bagi warga negara yang lain di harapkan tetap berperan aktif. Mereka bisa menyalurkan aspirasinya melalui partai politik dan organisasi masyarakat lainnya. Aspirasi mereka bisa menjadi pertimbangan pemerintah untuk membuat suatu kebijakan yang nantinya akan lebih menguntungkan untuk seluruh warga Negara Indonesia.

Jadi secara keseluruhan sebagai sebuah system lembaga Negara, partai politik dan masyarakat, harus bekerja sama dalam menjalankan system politik yang ada di setiap Negara. Jika didalam system ada salah satu saja yang tidak berjalan secara harmonis, maka system itu tidak akan mencapai tujuan yang telah di rencana kan sejak awal.

Oleh karena itu bagi kita yang berada di lembaga Negara, partai politik dan masyarakat, harus terus berperan aktif dalam system politik di Indonesia agar tercapainta cita-cita bersama untuk mensejahterakan seluruh warga Negara Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s