10 Desain Bandara Terbaik Dunia


10. Kansai International Airport

Bandar Udara Internasional Kansai {関西国際空港 Kansai Kokusai Kūkō)(IATA: KIX, ICAO: RJBB), adalah sebuah bandara internasional yang terletak di sebuah pulau di tengah-tengah Teluk Osaka, jauh dari pantai distrik Sennan di Osaka, Jepang. Bandara ini disebut juga sebagai Osaka Airport dalam bahasa Inggris, dan sebagai 関空 (Kankū) dalam bahasa Jepang (jangan dibingungkan dengan bandara lain bernama Bandar Udara Internasional Osaka yang terletak lebih dekat dengan kota Osaka).

Selama tahun 2004, KIX telah melayani 102.862 pergerakan pesawat, yang 72.096 di antaranya adalah penerbangan internasional, dan 30.766 lainnya adalah penerbangan domestik. Jumlah penumpang yang bepergian melalui Kansai sebanyak 15.340.975 penumpang, yang 11.162.533 di antaranya merupakan penumpang internasional, dan 4.178.422 merupakan penumpang domestik. [1]

Terminal

KIX memiliki sebuah terminal bertingkat 4 yang dirancang oleh Renzo Piano Building Workshop (Renzo Piano dan Noriaki Okabe). Bangunan tersebut merupakan terminal bandara terpanjang di dunia, yang panjangnya mencapai 1,7 km: sebuah ban berjalan memindahkan penumpang dari satu ujung terminal menuju ujung yang lain.

9.Denver International Airport USA

Bandar Udara Internasional Denver terletak sekitar 89 mil dari Crowne Plaza Hotel.Bahkan Bandar Udara Internasional Los Angeles, Chicago O’Hare, Altlanta, dan / Dallas Ft Worth Semua bandara akan cocok di dalam perimeter Bandara Internasional Denver dengan beberapa kamar untuk cadangan! DIA dilayani oleh 18 maskapai.

8. Toronto pearson International Airport

Bandar Udara Internasional Pearson Toronto atau Bandar Udara Internasional Lester B. Pearson/Toronto (IATA: YYZ, ICAO: CYYZ), terletak di Mississauga, Ontario, barat Toronto, merupakan bandara tersibuk Kanada dan merupakan bagian dari Sistem Bandara Nasional. Pada tahun 2005, bandara ini mendapat tingkat ke-29 sebagai bandara tersibuk di dunia berdasarkan jumlah penumpang (29.9 juta penumpang) dan juga mendapat tingkat ke-23 berdasarkan pergerakan pesawat (409,401 pergerakan pesawat). Bandara ini melayani Wilayah Toronto Raya (Greater Toronto Area, GTA) dan merupakan pangkalan utama untuk Air Canada. Dulunya dioperasikan oleh Transport Canada, kini dioperasikan oleh agensi nirlaba yang disebut Greater Toronto Airports Authority.

7.Singapore Changi AirportBandara Internasional Changi Singapura

Bandar Udara Internasional Changi Singapura (bahasa Inggris: Singapore Changi Airport; IATA:SIN, ICAO:WSSS) adalah bandara internasional yang melayani Singapura. Bandara ini terletak di daerah Changi di bagian ujung timur pulau Singapura dan merupakan salah satu fasilitas penerbangan terbaik di Asia dan dunia. Bandara ini dikelola oleh Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS). Bandara Changi juga merupakan pangkalan Singapore Airlines, SilkAir, Valuair, dan Tiger Airways.

Pada tahun 2004, jumlah penumpang di Changi sebanyak 30,4 juta orang dan kargo yang dilayani sebesar 1,78 juta ton. Hingga saat ini Bandara Changi memiliki dua terminal dan yang ketiga direncanakan dibuka pada 2008.

Bandara Changi dibuka pada 29 Desember 1981. Pembangunannya bermula dari kepadatan di Bandara Paya Lebar yang merupakan bandara ke-tiga di Singapura setelah Bandara Kallang dan Bandara Seletar. Sebelumnya, ada pilihan perluasan bandara di Paya Lebar, namun ide tersebut tidak disetujui karena Paya Lebar terletak di daerah urban dan bisa meningkatkan kebisingan.

Pemilihan lokasi sekarang berdasarkan jika dibangun di ujung pulau, maka perluasan bisa dilakukan dengan reklamasi dan pesawat terbang pun akan terbang lewat laut sehingga mengurangi kebisingan.

Bandara ini mengalami perkembangan yang sangat menonjol. Pada tahun 2005, Bandara Changi Singapura dapat menampung 32,43 juta penumpang, yang naik sebesar 7% dari tahun sebelumnya. Ini membuatnya menjadi bandara tersibuk ke-26 di dunia dan ke-6 di Asia diukur dari kepadatan penumpang. Dana sebesar S$1,75 milyar telah dikeluarkan untuk pembangunan Terminal 3. Sedangkan dana sebesar S$240 juta sudah disiapkan untuk merenovasi Terminal 1 dan Terminal 2, dimana Terminal 2 baru saja selesai direnovasi. Pada tahun ini, Bandara Changi sudah berhasil membuat dua terminal baru, yaitu Terminal CIP yang diberi nama JetQuay dan Budget Terminal.

6. Copenhagen International Airport

Bandar Udara Kopenhagen (IATA:CPH, ICAO:EKCH) (Denmark: Københavns Lufthavn, Kastrup) adalah bandara yang terletak di Kopenhagen, Denmark. Terletak 8 km selatan Kopenhagen di Pulau Amager. Bandara ini merupakan pangkalan bagi maskapai penerbangan Scandinavian Airlines System. Pada tahun 2005, bandara ini melayani 20 juta penumpang.Bandar Udara Kopenhagen – Københavns Lufthavn, Kastrup merupakan bandar udara utama untuk kedua Kopenhagen, Denmark dan Malmö, Swedia.
Bandar Udara Kopenhagen dimiliki dan dioperasikan oleh Kopenhagen Bandar udara A / S dan memiliki semua maskapai penerbangan utama dunia.
Bandar Udara Kopenhagen terletak di Amager, 8 km / 5 mi tenggara dari pusat kota. Juga menjalankan Kopenhagen Bandara, bandara kecil di Roskilde.

Kopenhagen Bandar udara memiliki kapasitas penumpang 50.000 per hari dan dibuka 24 jam, dengan sekitar 1.900 karyawan yang menyediakan Anda dengan pelayanan yang baik.
Bandar Udara Kopenhagen juga dilengkapi dengan lounge, poin internet nirkabel, toko bebas bea, butik, salon kecantikan, restoran, bar dan banyak lagi.

Aksesibilitas ke dan dari Bandara Kopenhagen adalah dengan taksi atau bus tepat di depan pintu masuk dan dari stasiun kereta api bawah Terminal 3 tempat Metro Kopenhagen menghubungkan Anda ke seluruh kota besar Denmark; lebih lanjut, Kereta Api Øresund membawa Anda langsung ke dan dari Swedia .

5. Kuala Lumpur International Airport

Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur (bahasa Inggris: Kuala Lumpur International Airport/KLIA) adalah bandara internasional utama Kuala Lumpur, Malaysia yang terletak di Sepang, negara bagian Selangor dengan kode IATA KUL.

Dibuka pada 1998, pembangunannya memakan biaya 3,5 milyar Dolar dengan slogan “Bringing the World to Malaysia and Malaysia to the World” (“Membawa dunia pada Malaysia dan Malaysia pada Dunia”).

Desain

Desain dari Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur ini dibuat oleh seorang arsitek asal Jepang, Kisho Kurokawa. Lokasi bangunan terminal didesain dengan menggunakan konsep Bandar Udara di tengah hutan, hutan di dalam Bandara, yang dikelilingi oleh pohon-pohon penghijauan. Konsep ini dilakukan dengan kerjasama dari Institut Penelitian Hutan Malaysia. Keseluruhan hutan hujan ditransplantasikan dari hutan dan diletakkan di tengah-tengah bangunan satelit bandara ini.

Bandara ini didesain untuk menampung hingga 130 juta penumpang per tahun. Selain karena ukurannya, bandara ini didesain agar kepadatan penumpang menyebar ke seluruh penjuru bangunan, dengan tampilan menarik dan tanda-tanda fasilitas yang disediakan dalam bahasa Melayu, bahasa Inggris, bahasa Tionghoa, bahasa Jepang dan bahasa Arab. Bahkan fasilitas untuk penyandang cacat pun telah sesuai dengan standar dunia.

Luas landasan dan bangunan dari bandara ini 100 km persegi, dan secara teori dapat menampung 100 pergerakan penerbangan kapan saja. Ada 216 kaunter untuk daftar diri disusun dalam 6 lorong. Bandara ini adalah bandara pertama yang menggunakan Sistem Total Manajemen Bandara (dalam bahasa Inggris disebut Total Airport Management System atau disingkat TAMS)- walaupun sistem ini ditunjuk sebagai biang dari beberapa masalah oleh Menteri Perhubungan Ling Liong Sik.

4. Bangkok international airport

bandara internasional suvarnabhumi (iata: Bkk, icao: Vbts) adalah bandara internasional yang melayani kota bangkok, thailand, merupakan bandara baru untuk menggantikan bandara internasional don muang. Setelah beberapa kali penundaan, bandara ini akhirnya mulai dibuka secara terbatas pada tanggal 15 september 2006 dan seluruhnya pada tanggal 28 september 2006.

Bandara ini terletak di racha thewa, di distrik bang phli, provinsi samut prakan, sekitar 25 kilometer sebelah timur bangkok. Nama suvarnabhumi dipilih oleh raja bhumibol adulyadej yang artinya tanah emas. Bandara ini mempunyai menara kontrol dengan tinggi 132,2 meter, menjadikannya sebagai bandara dengan menara kontrol tertinggi di dunia.

luas terminal bandara (563.000 meter persegi) juga menjadikannya sebagai bandara yang mempunyai luas terminal tunggal kedua di dunia di bawah bandara internasional hong kong.

Di asia, bandara ini juga menjadi bandara tersibuk keempat di bawah bandara internasional haneda, bandara internasional beijing dan bandara internasional hong kong.

3. Seoul/incheon international airport

bandara internasional incheon (iata: Icn, icao: Rksi) (hangul: 인천국제공항; hanja: 仁川國際空港) adalah bandara terbesar di korea selatan dan merupakan salah satu yang terbesar di asia. Bandara ini menggantikan bandara internasional gimpo yang sekarang distatuskan sebagai bandara domestik kecuali penerbangan international ke bandara internasional haneda di tokyo, jepang dan bandara internasional hongqiao di shanghai, rrc. Berdasarkan survei dari global traveller bandara ini merupakan yang terbaik di dunia selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2006, 2007 dan 2008.

Berperan sebagai bandara penghubung untuk kawasan asia timur, terdapat 63 maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke bandara ini, termasuk di antaranya garuda indonesia.

2. Barajas madrid international airport

bandara internasional barajas madrid (iata: Mad, icao: Lemd), terletak di timur laut pusat kota madrid (40°28′20″lu,3°33′39″bb), adalah pintu gerbang internasional dan domestik terpenting di spanyol. Bandara ini dibuka pada 1928, dan kini telah berkembang menjadi salah satu pusat penerbangan terpenting di eropa.

Barajas berfungsi sebagai pintu gerbang ke jazirah iberia dari seluruh bagian eropa dan dunia, khususnya amerika latin. Pada 2005, 41.963.197 penumpang menggunakan barajas; bandara ini menduduki peringkat ke-12 dunia—dan ke-5 eropa—sebagai bandara paling sibuk.. Barajas adalah pusat (hub) utama dan basis pemeliharaan iberia airlines. Akibatnya, iberia bertanggung jawab atas sekitar 60 persen lalu lintas di barajas.

Pada 5 februari 2006, terminal 4 yang sangat besar diresmikan—menjadikan barajas bandara terbesar di dunia, dalam pengertian wilayah terminalnya, dengan luas lebih dari satu juta meter persegi. Dengan tambahan area yang baru, barajas dirancang untuk menangani sekitar 70 juta penumpang setiap tahunnya.

1. Hongkong international airport

bandar udara internasional hong kong (b. Inggris: Hong kong international airport atau hkia) adalah bandara internasional yang melayani daerah hong kong, republik rakyat cina dengan kode iata hkg dan kode icao vhhh. Nama lain dari bandara ini adalah bandara chek lap kok.

bandara ini terletak di pulau chek lap kok dan sejak dibuka pada tahun 1998, menjadi salah satu pusat transit yang penting di dunia karena posisinya yang strategis. Bandara berkapasitas sebesar 45 juta penumpang dengan 3 juta ton kargo dan setelah landas pacu kedua dibuka pada mei 1999, kapasitas meningkat menjadi 87 juta penumpang dan 9 juta ton kargo. Bandara yang menjadi pusat operasi cathay pacific, dragonair, air hong kong, cr airways, dan hong kong express ini mendapatkan penghargaan sebagai bandara terbaik dari majalah skytrax selama lima tahun berturut-turut (2001-2005).

Saat ini terdapat 2 buah landas pacu dengan panjang 3.800 meter dan selebar 60 meter. Nama landasan tersebut adalah 07l/25r dan 07r/25l yang berarti bisa juga dibedakan sebagai landasan utara dan selatan.

Bandara ini dibangun untuk menggantikan bandara internasional kai tak di atas pulau buatan yang direklamasi dari pulau chek lap kok dan lam chau. Luas lahan bandara ini adalah 12,48 km² yang 25% dari luas tersebut adalah kedua pulau yang direklamasi tadi.

Bandara ini dibuka pada 6 juli 1998 dengan desain dari arsitek foster and partners serta memakan waktu 6 tahun dengan biaya 20 milyar dolar as. Selama tiga sampai lima bulan pertama beroperasi, berbagai masalah melanda bandara ini bahkan kargo sempat dipindahkan kembali ke kai tak.

One thought on “10 Desain Bandara Terbaik Dunia

  1. Tri Setyo Wijanarko mengatakan:

    bagi saya desain bandara soekarno-hatta terminal 1 dan terminal 2 adalah yang paling menarik karena masih menggunakan arsitektur tradisional. hanya saja saat memasuki terminal 1 dan terminal 2 adalah kurangnya pencahayaan jadi terkesan menyeramkan. kalo dilihat dari atas bener2 bagus bandara soekarno-hatta ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s