Perkuliahan PANCASILA


Silahkan Anda pilih 1 dari 2 video berikut, kemudian berikan pandangan/komentar Anda terhadap materi yang sampaikan oleh para narasumber. Min. 300 kata.

Sampaikan pandangan Anda pada kolom komentar dengan format.
Nama :
Kelas :
Judul Video :
Komentar :

______________________________________________________________

VIDEO 1 ( Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila)

Sumber : http://www.youtube.com/watch?v=FddtobLKfjQ

VIDEO 2 ( Hilangnya Nilai-Nilai Dasar Pancasila)

Part 1 

Part 2

Part 3

Sumber:
http://www.youtube.com/watch?v=GlRHfMxS7RK
http://www.youtube.com/watch?v=YQGZySJox5U
http://www.youtube.com/watch?v=5lWsiWo_eBI

49 thoughts on “Perkuliahan PANCASILA

  1. Novie Indrayani mengatakan:

    Nama : Novie Indrayani
    NIM : 15212418
    Kelas : 2ea27
    Judul Video : VIDEO 1 ( Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila)

    Komentar :
    Menurut Saya pada keadaan saat ini aktualisasi pancasila sangat kurang sekali di mata masyarakat Indonesia terutama para pemuda, di mana banyak masyarakat yang tidak hafal isi pancasila ataupun tidak tau apa itu 4 pilar kebangsaan, seharusnya penanaman nilai nilai pancasila harus di lakukan sejak dini, dan juga seharusnya pendidikan pancasila dan 4 pilar kebangsaan kembali di wajib kan atau di jadikan mata pelajaran utama dimana nantinya sosialisasi tentang 4 pilar kebangsaan dan pancasila dapat di optimalkan, dan juga di laksanakan kegiatan-kegiatan sosialisasi dengan metode lain dimana yang di jelaskan oleh video tersebut.

    Dan juga Seharusnya pancasila tidak digunakan sebagai alat politik di mana hanya di jadikan sebagai alat untuk menarik perhatian dalam hal kepentingan-kepentingan kelompok ataupun kepentingan individu

    Dalam video di atas di sebutkan bahwa pancasila dapat di jadikan alat untuk menyeleseikan konflik-konflik yang terjadi di Indonesia baik vertical maupun horizontal menurut saya, hal itu sangat tepat karena kita tau pancasila sendiri mengandung nilai-nilai kebersamaan dan juga untuk menyelesaikan suatu masalah dengan musyawarah yang dapat menyelesaikan dengan mementingkan kepentingan kedua belah pihak.

    Pancasila sangat penting untuk bangsa Indonesia karena Pancasila sendiri merupakan sebuah ideologi dan pedoman bangsa Indonesia, dan kita juga harus menerapkan nilai-nilai pancasila dalam keseharian kita, dan menurut saya, di era globalisasi seperti ini pancasila merupakan dasar yang dapat menyaring pengaruh-pengaruh negative globalisasi.

  2. Nama : Primadia Hapsari
    Kelas : 3ID05
    Judul Video : Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila
    Komentar :

    Berdasarkan video dialog 4 pilar bangsa mengenai lunturnya nilai-nilai Pancasila yang telah saya lihat, hal ini menjadi suatu permasalahan yang serius bagi bangsa Indonesia. Lunturnya nilai Pancasila menjadi masalah yang serius karena Pancasila merupakan pedoman bagi bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Dicabutnya ketetapan MPR NO II/ MPR/1978 tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (Ekaprasetia Pancakarsa) atau P4 merupakan suatu hal yang disayangkan, meskipun pada masa itu Pancasila dianggap digunakan sebagai alat politik oleh para penguasa, namun tidak seharusnya ketetapan MPR NO II/ MPR/1978 dicabut atau dihapuskan. Lebih baik dilakukan perbaikan dalam sistem politik para “penguasa” agar tidak menjadikan Pancasila sebagai alat politik semata. Karena Pancasila merupakan pedoman dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang harus digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tidak terkecuali dalam menjalankan tugas ketatanegaraan.
    Meskipun sempat mengalami krisis aktualisasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, namun saat ini Pancasila mulai bangkit kembali sebagai ideologi dan pedoman hidup bangsa Indonesia. Hal ini juga terjadi karena jasa Bapak Alm Taufik Keimas yang mencetuskan 4 Pilar Bangsa. Keempat Pilar Bangsa tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, 4 Pilar Bangsa itu dicetuskan karena melihat kondisi bangsa yang memerlukan suatu pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Aktualisasi Pancasila dalam meredam konflik vertikal dan horizontal di masyarakat Indonesia harus bisa lebih ditanamkan dalam jiwa masyarakat Indonesia. Sebut saja konflik politik seperti yang dikatakan narasumber mengenai kerusuhan yang terjadi saat pilkada, ketika orang yang didukung kalah. Kerusuhan tersebut seharusnya dapat dihindari apabila masyarakat Indonesia berpedoman pada Pancasila, dalam Pancasila kita mengenal nilai-nilai persatuan, kemanusiaan yang adil dan beradab, serta penyelasaian masalah dengan musyawarah mufakat bukan dengan melakukan tindakan-tindakan anarkis ketika mengemukakan pendapat. Padahal para pemimipin negara lain banyak yang iri pada Indonesia yang memiliki Pancasila sebagai pedoman hidup.
    Menurut narasumber ada 3 tantangan besar yang harus dihadapi bangsa Indonesia dalam mewujudkan aktualisasi Pancasila, yaitu banyaknya suku di Indonesia, kesejahteraan rakyat, dan pendidikan bangsa merupakan masalah internal yang harus dihadapi, sedangkan masalah eksternalnya adalah ancaman globalisasi yang ada di Indonesia. Untuk menghadapi masalah tersebut kita harus bisa merangkul persatuan rakyat Indonesia dengan menggunakan Pancasila sebagai salah satu pilar bangsa Indonesia. Keteladanan dari para pemimpin juga sangat berpengaruh agar menjadi suatu panutan yang baik, terutama oleh penyelenggara negara yaitu Presiden, anggota DPR dan DPD, serta lembaga-lembaga negara lainnya agar rakyat dapat mencontoh perilaku-perilaku yang baik dari para pemimipin ketika menjalankan tugasnya dengan berpedoman pada Pancasila. Aktualisasi penggunaan Pancasila saat ini memang masih minim dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, namun untuk kedepannya diharapkan dapat lebih ditingkatkan lagi agar bangsa Indonesia tidak kehilangan jati dirinya dengan menggunakan Pancasila sebaga ideologi dan pedoman hidup.

  3. padly prasetyo wibowo mengatakan:

    Nama : Padly Prasetyo Wibowo (15212619)
    Kelas : 2EA27
    Judul Video : Hilangnya Nilai-Nilai Dasar Pancasila
    Komentar :
    setelah saya melihat video tersebut, menurut analisis saya hilangnya nilai-nilai dasar pancasila di negri indonesia ini telah merajalela, contohnya dari pengemis sampai para petinggi negara, mungkin banyak pertanyaan dari anda semua, apa sih penyebab dari hilangnya nilai-nilai dasar pancasila? mungkin dari orang-orang petinggi negara yang sudah melupakan atau tidak mengamalkan nilai-nilai dari pancasila, buktinya saja mereka banyak yang berkorupsi dan melupakan tugasnya sebagai wakil rakyat, yang seharusnya mereka ikut andil dalam menyejahterakan rakyat indonesia, malah uangnya di pakai untuk kebutuhan pribadi. dan pancasila sudah mulai berubah dari ketuhanan yang maha esa, menjadi keuangan yang maha kuasa itu hanya lah gambaran dari kehidupan bangsa indonesia di era reformasi ini.
    banyak rakyat yang menjadi korban dalam ketidak adilan para pemimpin negara indonesia, disini kita bisa melihat betapa nilai-nilai dasar pancasila sudah hilang dimakan oleh moderenisasi para pemimpin yang sudah dibutakan oleh uang sehingga melupakan kesejahteraan rakyatnya sendiri, seperti kata bung karno, pada masaku lebih mudah karena melawan penjajah, tetapi pada masamu lebih susah karena melawan bangsamu sendiri. maksud dari perkataan bung karno tersebut adalah rakyat indonesia sekarang lebih susah karena melawan para pemimpin yang tidak bertanggung jawab dan hanya bisa koru

  4. padly prasetyo wibowo mengatakan:

    Nama : Padly Prasetyo Wibowo (15212619)
    Kelas : 2EA27
    Judul Video : Hilangnya Nilai-Nilai Dasar Pancasila
    Komentar :
    setelah saya melihat video tersebut, menurut analisis saya hilangnya nilai-nilai dasar pancasila di negri indonesia ini telah merajalela, contohnya dari pengemis sampai para petinggi negara, mungkin banyak pertanyaan dari anda semua, apa sih penyebab dari hilangnya nilai-nilai dasar pancasila? mungkin dari orang-orang petinggi negara yang sudah melupakan atau tidak mengamalkan nilai-nilai dari pancasila, buktinya saja mereka banyak yang berkorupsi dan melupakan tugasnya sebagai wakil rakyat, yang seharusnya mereka ikut andil dalam menyejahterakan rakyat indonesia, malah uangnya di pakai untuk kebutuhan pribadi. dan pancasila sudah mulai berubah dari ketuhanan yang maha esa, menjadi keuangan yang maha kuasa itu hanya lah gambaran dari kehidupan bangsa indonesia di era reformasi ini.
    banyak rakyat yang menjadi korban dalam ketidak adilan para pemimpin negara indonesia, disini kita bisa melihat betapa nilai-nilai dasar pancasila sudah hilang dimakan oleh moderenisasi para pemimpin yang sudah dibutakan oleh uang sehingga melupakan kesejahteraan rakyatnya sendiri, seperti kata bung karno, pada masaku lebih mudah karena melawan penjajah, tetapi pada masamu lebih susah karena melawan bangsamu sendiri. maksud dari perkataan bung karno tersebut adalah rakyat indonesia sekarang lebih susah karena melawan para pemimpin yang tidak bertanggung jawab dan hanya bisa korupsi. banyak juga contoh ketidak adilan para pemimpin kepada rakyatnya yaitu masih banyak penggusuran, zaman dahulu tidak ada pertikaian antar kampung, sekolah, ataupun mahasiswa, tapi di zaman era reformasi ini? banyak sekali terjadi pertikaian antar warga. dan masih banyak terjadi penembakan aparat yang tidak mencerminkan nilai dasar dari pancasila, seperti kata bapak amin rais tadi di swedia terdapat pameran otak dari seluruh dunia, tetapi otak termahal di berikan kepada indonesia, karena otaknya tidak pernah dipakai, contohnya saja indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya salah satunya adalah pertambangan emas, tetapi dijual sangat murah sekali kepada orang luar negri, padahal emas di negara sendiri dijual sangat mahal. dan kemanusiaan yang adil dan beradab berubah menjadi manusia yang kejam dan biadab, itulah gambaran dari para petinggi negara yang tidak bertanggung jawab. sekian komentar dari saya, semoga rakyat indonesia mendapatkan keadilan dari para pemimpin-pemimpinnya.

  5. sifafauziahipeh mengatakan:

    Nama : sifa fauziah
    kelas : 2ea27
    judul : aktualisasi nilai-nilai pancasila
    komentar : nilai nilai pancasila adalah kultur sebuah negara indonesia dan merupakan sebuah ideologi karena bagaimanapun pancasila adalah tiang masyarakat indonesia ,mengapa di jaman sekarang nilai-nilai pancasila tidak di junjung ? Karena kurangnya kesadaran masyarakat akan arti toleransi dengan demikian toleransi adalah bagian dari nilai pancasila.pandangan saya adalah saling menghargai satu sama lain baik pendapat baik kepercayaan(agama),tidak menjatuhkan satu sama lain dalam arti menjunjung persatuan dan kesatuan ,pemerintah harus tegas tidak memandang jabatan suku bangsa dan agama terhadap masyarakat kelompok serta instansi pemerintah dengan begitu tercapailah keadilan.aktualisasi nilai nilai pancasila memang sangat penting di terapkan di jaman sekarang mengapa demikian?kita kembali pada dasarnya karena pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dan merupakan dasar negara.melemahnya nilai pancasila di jaman sekarang adalah pertama dari kesadaran masyarakatnya sendiri dan kedua dari ketidakadilan pemerintah dalam menegakkan hukum karena sangat kurang sekali hukum di indonesia bisa di bilang dapat di beli dengan uang .kita sudah seringkali menyaksikan tentang kasus penyimpangan pancasila contohnya korupsi para pelakunya di hukum tidak setimpal dengan perbuatannya yaitu mengambil hak rakyat dengan demikian sudah menyengsarakan rakyat demi kepuasan pribadi .kita bisa bilang contoh kasus ini merupakan pelanggaran dari sila kedua karena tidak adanya rasa kemanusiaan tidak adanya rasa peduli terhadap sesama manusia dengan demikian kita sebagai bangsa indonesia harus menjunjung tinggi nilai pancasila karena pancasila merupakan suatu pondasi bagi kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara .nilai nilai pancasila untuk tetap ada di jaman sekarang kita harus lebih banyak bersosialisasi lagi tentang makna dari pancasila itu sendiri lalu marilah kita berperilaku atas dasar nilai pancasila agar bangsa kita yang tercinta ini dapat menjadi bangsa yang memang betul betul menganut sistem pancasila bukan hanya sekedar semboyan saja akan tetapi juga di terapkan dalam kehidupan sehari hari untuk itu mari kita sebagai masyarakat kita tingkatkan kesadaran kita untuk lebih menjunjung tinggi nilai pancasila dan tetap menjadikan pancasila sebagai pedoman hidup bangsa yanh memang betul betul ada karena kalau bukan kita sebagai masyarakat indonesia yang sadar lalu siapa lagi mari kita bersama mewujudkan bansa indonesia yang menganut sistem pancasila.

  6. Muhammad Ravi mengatakan:

    Nama : Muhammad Ravi
    Kelas : 3ID05
    Judul Video : Hilangnya Nilai-Nilai Dasar Pancasila
    Komentar :
    Masa reformasi saat ini tidak terwujud dengan apa yang diidamkan Bangsa Indonesia, hal ini terbukti banyak kejadian yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila, seperti tindakan korupsi yang semakin marak baik dalam kehidupan masyarakat maupun kehidupan suatu bangsa. Bangsa Indonesia memang negara yang memiliki kaya akan sumber daya alam, rasa persatuan yang dimiliki serta hidup dengan beraneka macam budaya, keadaan ini membuat negara-negara didunia merasa iri atau bahkan menjadi ancaman bagi suatu negara –negara didunia, mereka menganggap bangsa Indonesia memilik potensi yang tinggi akan kemakmuran di negara Indonesia, mereka memecah belah rasa persatuan, kebebasan yang diluar batas, kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia pun dimanfaatkan oleh negara lain. Hal ini menjadikan bangsa Indonesia tidak mengamalkan nilai-nilai pancasila sehingga jika dibiarkan terus-menerus akan kehilangan nilai-nilai dasar Pancasila.
    Pemimpin saat ini juga banyak yang tidak memaknai isi Pancasila, banyak pemimpin yang melakukan tindakan korupsi, tidak mempertanggungjawabkan kewajibannya, dan bersikap tidak adil terhadap bawahannya. Memang benar kekuasaan yang dimiliki seseorang menjadi pusat timbulnya korupsi, semakin besar kekuasaan tersebut semakin tinggi pula kesempatan seseorang untuk berbuat korupsi. Kejadian ini tidak akan terjadi jika seseorang mengamalkan nilai-nilai dasar Pancasila, karena pancasila merupakan dasar negara sebagai pondasi suatu bangsa. Pancasila merupakan pedoman hidup Bangsa Indonesia dan harus di terapkan dalam kehidupan sehari-hari serta diamalkan sejak dini. Aktualisasi Pancasila berperan penting di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai sifat, falsafah, dan dimensi bangsa harus menjadi kenyataan, agar Bangsa Indonesia tetap ada, hidup, dan abadi sampai akhirul zaman. Oleh karena itu, hilangnya Pancasila di dalam kehidupan Bangsa Indonesia akan menyebabkan hilangnya Bangsa Indonesia dan hancurnya NKRI.
    Sistem hukum Bangsa Indonesia adalah merupakan standar moral Bangsa Indonesia yang berfungsi sebagai keyakinan standar dan sebagai standar nilai secara berurutan. Agar Bangsa Indonesia tetap ada hidup sepanjang zaman dan NKRI tetap kokoh, maka Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum Bangsa Indonesia harus dikembalikan dan ditegakkan, sehingga Pancasila sebagai falsafah bangsa akan terealisasi menjadi sikap keberpihakan yang jelas dari kita sebagai anak bangsa. Pada akhirnya, dimensi Pancasila akan terbangun dan menjadi kenyataan untuk mencapai Bangsa Indonesia yang Pancasilais, adil, dan makmur.

  7. Dinda Dwi Noviyanti mengatakan:

    Nama : Dinda Dwi Noviyanti
    Kelas : 2EA27
    Judul Video : Hilangnya nilai – nilai dasar pancasila
    Komentar :
    Dari video part 1 dan 3 menjelaskan bahwa mengemis semakin menjadikan bangsa indonesia menjadi negara yang malas. Itu benar sekali , karena terbukti dari banyaknya para pengemis yang masih sehat dan masih mampu untuk bekerja tetapi malah dengan mudah dengan mudahnya mereka menengadahkan tangannya . tetapi mereka tidak pernah berfikir susah payahnya orang lain mendapatkan uang sedangkan mereka hanya dengan menengadahkan tangannya mereka mendapatkan uang. Sama seperti para koruptor yang di bahas pada video part 1 , para koruptor selalu menomor satukan uang di banding kepentingan rakyat. Sehingga nilai – nilai pancasila yang ada di dalam dirinya menghilang dan mereka berfikir bahwa kesenangannya adalah hal yang perlu di perhatikan terlbih dahulu. Seharusnya para kader partai dilatih untuk menjadi pribadi yang bijak , adil dan terutama bersih dalam hal politik dan keuangan agar tidak adanya korupsi di antara kader politik. Dan yang saya dengar dari video part ke 3 bahwa Indonesia begitu mudah menjual sumber daya alamnya dengan murah. Padahal orang Indonesia sendiri dapat mengolah sumber daya alam tersebut dengan cara yang baik dan pastinya akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar pula. Menurut saya korupsi tentu saja dapat di hapuskan , yaitu dengan cara menanamkan sifat – sifat baik terhadap putra putrid bangsa yang baru , agar mereka tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudia hari. Contohnya dengan mengajarkan kejujuran , keadilan dan jangan mencuri hak orang lain sejak dini .
    Dan pada video part 2 , sangat benar bahwa musyawaroh (musyawarah) tidak benar – benar di jalankan di Indonesia karena yang saya lihat pada zaman sekarang para kader – kader politik lebih cenderung mementingkan kepentingannya sendiri. Contohnya dengan di usulkan bahkan sudah di laksanakan bahwa para pejabat mendapatkan fasilitas mobil dan perbaikan gedung yang menurut saya terlalu berlebihan . karena menurut saya pemberian fasilitas dan perbaikan gedung di tambah dengan fasilitas mewahnya itu membuat mereka seperti menutup mata terhadap keadaan di Indonesia . sedangkan di sekitar kita masih banyak orang – orang yang perlu di perhatikan . selain itu rasanya kurang pantas bila seorang pemimpin mendapatkan penghargaan baik dimata luar negeri , sedangkan real nya tidak ada hal yang berubah di negeri yang di pimpinnya. Dan hal yang paling saya miriskan adalah dalam hal toleransi beragama , karena zaman sekarang rasanya sulit sekali untuk melakukan toleransi beragama , padahal untuk melakukannya cukup dengan menghargai agama / kepercayaan satu dengan yang lainnya. Dan yang dapat saya ambil dari video part ke dua yaitu “ Pemimpin yang baik bukanlah pemimpin yang mendapatkan penghargaan baik di mata yang lain , tetapi pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mendapatkan penghargaan yang baik di mata rakyatnya” .

  8. kooshardiantini mengatakan:

    Nama: Kooshardiantini

    Kelas: 3ID05

    Judul Video: Dialog 4 Pilar Bangsa  (Lunturnya Nilai nilai Pancasila)

     

    Komentar:

     Video yang berdurasi ±22.15 menit membahas fokus pada aktualisasi nilai-nilai pancasila khususnya sosialisasi 4 pilar bangsa. Dalam video dikatakan bahwa semakin berkembangnya era reformasi masyarakat mulai melupakan nilai-nilai dari pancasila bahkan di sekolah-sekolah kini pancasila bukan lagi menjadi pelajaran pokok sehingga masyarakat mulai kehilangan pegangan untuk hidup berbangsa bernegara.

     Alasan dicabutnya ketetapan MPR No.2/Th. 1978 karena sosialisasi tentang nilai-nilai ideologi harus mengandung nilai kebenaran bahkan muncul dugaan pancasila dijadikan alat politik untuk kekuasaan.

    Begitu banyak konflik di negara Indonesia baik konflik vertical atau horizontal, missal dari segi politik (karena kalah pilkada sehingga terjadi keributan antar pendukung di masyarakat). Seharusnya hal ini tidak boleh terjadi karena Indonesia memiliki pedoman untuk persatuan kesatuan, toleransi, ramah tamah dan iu harus dipertahankan.

    Kejadian seperti Timor Leste mnunjukkan bahwa banyak daerah yang ingin memisahkan diri dari Indonesia. Indonesia haru me- manage dengan baik persatuan kesatuan mengingat Indonesia sebagai negara berpenduduk no.4 terbesar di dunia,17.508 pulau, lebih dari 1000 etnis dan 500 bahasa daerah.

    Hal-hal yang harus dipertahankan dan ditumbuhkan sebagai masyarakat Indonesia adalah pertahankan musyawarah mufakat sebab itu merupakan ciri khas bangsa Indonesia, sehingga tidak ada lagi diktator mayoritas dan tirani minoritas semua bersumber dari semangat kekeluargaan. Semua juga harus memilki keteladanan terhadap nilai-nilai pancasila mulai dari petinggi negara Indonesia sampai pelajar sampai semua lapisan masyarakat yang harusnya mengaplikasikan nilai-nilai pancasila, pancasila dijadikn teladan untuk kehidupan sehari-hari bukan hanya dipahami.

  9. Puji Lestari mengatakan:

    Nama : Puji Lestari
    Kelas : 2EA27
    Judul Video : VIDEO 1 ( Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila)
    Komentar :
    Menurut Zainut Tauhid – Sekretaris F- PPP MPR – RI “Akar permasalahan aktualisasi pancasila yaitu dilihat dari masalah politik yaitu terjadi pertengkaran karena kalah pilkada antar pendukung satu dengan yang lainnya dan perebutan akses lahan” menurut pandangan dan komentar saya itu benar apa yang di sampaikan oleh bapak Zainut Tauhid tersebut karena yang menjadi akar permasalahan dalam aktualisasi pancasila selama ini hanya sekedar masalah sepele yang seharusnya dapat di musyawarahkan dengan sama-sama dan tidak dengan dilakukan dengan cara kekerasan yang menimbulkan konflik dan percuma juga masyarakat main kekerasan seperti itu padahal pancasila masih ditegakan dan dengan pandangan hidup bangsa dan bernegara yang menjadi acuan Negara Indonesia. “Dikatakan Zainut Tauhid Indonesia dalam pancasila terdapata sila yang mengatakan permusyawaratan perwakilan sehingga itu sudah menjadi suatu asas kebiasaan Indonesia”. Pandangan saya jaman sekarang sudah susah sekali masyarakat di ajak untuk bermusyawarah atau bermufakat sedangkan dalam persidangan tersebut juga sudah terbukti setiap dalam persidangan DPR tidak dilakukan dengan bermusyawarah namun dengan pengambilan keputusan yang hanya dalam satu pandangan saja. MPR bekerja sama dengan kementrian pendidikan agar mata pelajaran Pancasila tidak di hapuskan. Menurut saya untuk aktualisasi nilai-nilai pancasila itu sendiri kalau hanya sekedar diberlakukan dalam sebuah pelajaran pancasila dan hanya mengetahui sekilas tentang nilai-nilai dan hanya di sampaikan berupa materi saja itu saya rasa sangat tidak setuju karena seharusnya dilakukan juga dengan penerapan dari nilai-nilai pancasila itu sendiri, misalkan dengan di berlakukannya “Upacara Bendera Merah Putih yang dilakukan setiap senin, Menghormati guru-guru dan sesama teman yang berbeda agama, Patuhi peraturan yang telah di buat dan dilakukan keteladan terhadap sila-sila dari kelima sila tersebut. Dan tentunya selain dengan diberlakukannya materi pancasila di dalam sekolah tetapi juga harus di terapkan nilai-nilai pancasila juga terhadap di lingkungan sehari-hari begitu pun juga dengan para menteri dan pejabat yang seharusnya mereka bisa mencontohkan dirinya kedalam perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Dan jangan hanya sekedar menetapkan sebuah kebijakan ke dalam lembaga-lembaga kementerian pendidikan dan masyarakat tetapi para pejabat negeri di Indonesia juga seharusnya sesuai dengan perilaku dan dengan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkannya.

  10. dita khairunnisa mengatakan:

    Nama: Dita Khairunnisa

    Kelas: 3ID05

    Judul Video: Dialog 4 Pilar Bangsa  (Lunturnya Nilai nilai Pancasila)

     

    Komentar:

     Komentar yang dapat saya sampaikan setelah melihat video yang membahas fokus pada aktualisasi nilai-nilai pancasila khususnya sosialisasi 4 pilar bangsa. Berkembangnya era reformasi masyarakat mulai melupakan nilai-nilai dari pancasila bahkan di sekolah-sekolah kini pancasila bukan lagi menjadi pelajaran pokok sehingga masyarakat mulai kehilangan pegangan untuk hidup berbangsa bernegara. Sehingga banyaknya pelanggaran-pelanggaran yang dibuat oleh masyarakat yang dapat menjauhkan masyarakat dari nilai-nilai pancasila yang seharusnya dapat diaplikasikan dalam berbangsa dan bernegara. Alasan dicabutnya ketetapan MPR No.2/Th. 1978 karena sosialisasi tentang nilai-nilai ideologi harus mengandung nilai kebenaran bahkan muncul dugaan pancasila dijadikan alat politik untuk kekuasaan.

    Konflik di negara Indonesia baik konflik vertical atau horizontal yang begitu banyak, misal karena kalah pilkada sehingga terjadi keributan antar pendukung di masyarakat yang merupakan contoh dari segi politik. Seharusnya hal ini tidak boleh terjadi karena Indonesia memiliki pedoman untuk persatuan kesatuan, toleransi, ramah tamah dan itu harus dipertahankan.

    Contoh selanjutnya yaitu kejadian seperti Timor Leste menunjukkan bahwa banyak daerah yang ingin memisahkan diri dari Indonesia. Indonesia harus memanage dengan baik persatuan kesatuan mengingat Indonesia sebagai negara berpenduduk no.4 terbesar di dunia, yang memiliki 17.508 pulau, lebih dari 1000 etnis dan 500 bahasa daerah yang dapat memicu banyaknya perbedaan.

    Hal-hal yang harus ditumbuhkan sebagai masyarakat Indonesia adalah pertahankan musyawarah mufakat sebab itu merupakan ciri khas bangsa Indonesia,semua bersumber dari semangat kekeluargaan. Semua juga harus memilki keteladanan terhadap nilai-nilai pancasila mulai dari petinggi negara Indonesia sampai pelajar sampai semua lapisan masyarakat yang harusnya mengaplikasikan nilai-nilai pancasila, pancasila dijadikn teladan untuk kehidupan sehari-hari.

  11. heny yuliantini mengatakan:

    Nama: Heny Yuliantini
    Kelas: 3ID05
    Judul Video: Dialog 4 Pilar Bangsa (Lunturnya Nilai nilai Pancasila)
    Komentar:
    Dari penayangan yang disajikan pada video tersebut, didapatkan pernyataan bahwa pada era reformasi ini semakin saja terlihat jelas, bahwa banyaknya prilaku-prilaku bangsa Indonesia yang sudah tidak sesuai dengan khaedah pancasila sebagai landasan bangsa Indonesia dalam berbangsa dan bernegara. Bangsa Indonesia seperti sudah kehilangan pegangan atau pedoman hidup dalam berbangsa dan bernegara. Menurut saya, hal tersebut banyak memiliki faktor yang dapat memicu masyarakat untuk tidak berkehidupan seperti apa yang menjadi ketetapan dalam pancasila. Banyak pihak yang memiliki dugaan pancasila dijadikan alat politik untuk kekuasaan. Banayak pula pengaruh dari luar yang membuat masyarakat menjadi lebih jauh dengan pancaila ditambah agi dengan tidak banyaknya sosialisasi yang dilakukan untuk masyarakat agar terus berda pada khaedah pancasila. Padahal seharusnya pancasila bukan hanya menjadi pegangan bangsa Indonesia tetapi juga mampu menjadi pelindung bangsa Indonesia dari pengaruh-pengaruh luar. Namun harus diingat bahwa untuk membangun bangsa dan negara yang adil tidak semata adalah peran rakyat, pemerintah pun juga harus turut mengambil peran dalam menegakkan keadilan sebagaimana yang dijalaskan pada sila kelima pancasila.
    Pada video tersebut juga membahas bagaimana bisa pancasila dapat berakulturasi dengan budaya modern. Menurut saya, budaya modern yang masuk kedalam ranah bangsa Indonesia lebih dapat diseleksi agar tidak menyalahi khaedah pancasila yang sesungguhnya. Banyaknya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memerankan perannya sebagai warga negara yang berkehidupan kebangasaan seperti berkehidupan dinegara lain. Banyaknya oknum-oknum yang lebih bangga terlihat seperti orang-orang asing yang hidup dinegara lain. Banyaknya konflik yang terjadi di Indonesia juga sangat memicu perpecahan pada bangsa Indonesia. Seharusnya hal ini tidak boleh terjadi karena Indonesia memiliki pedoman untuk persatuan kesatuan, toleransi, ramah tamah dan iu harus dipertahankan. Banyak masalah-masalah yang terus timbul dalam diri bangsa Indonesia itu sendiri, namun untuk menjaga konsistensi dalam mengaktualisasikan pancasila kedalam kehidupan bangsa Indonesia maka pancasila harus disosialisasikan agar dapat menjadi sifat-sifat dari subjek masyarakat, sehingga menjiwai semua tingkah laku dalam lingkungan masyarakat dalam bidang kenegaraan, politik ekonomi maupun untuk individu itu sendiri. Hal tersebut harus dicapai karena nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila merupakan nilai-nilai yang ingin dicapai bangsa Indonesia. Walaupun memang tidak dapat dipungkiri bahwa untuk menyelesaikan masalah pengaktualisasian pancasila ini bukanlah masalah yang sederhana. Hal-hal yang harus dipertahankan dan ditumbuhkan sebagai masyarakat Indonesia adalah pertahankan musyawarah mufakat sebab itu merupakan ciri khas bangsa Indonesia, sehingga tidak ada lagi diktator mayoritas dan tirani minoritas semua bersumber dari semangat kekeluargaan. Selain itu perlu juga dikembangkan sikap-sikap yang kritis terhadap gagasan, ide ataupun pengaruh dari luar. pancasila merupakan satua sila-sila harus menjadi sumber nilai, kerangka berpikir serta asas moralitas bagi pembangunan.

  12. Mita Anisa mengatakan:

    Nama : Mita Anisa K
    Kelas : 3ID05
    NPM : 34411510
    Judul : Video 1 (Aktualisasi nilai-nilai pancasila)
    Komentar :
    Seiring dengan berkembangnya era reformasi pancasila saat ini seakan sudah memudar dan tanpa kits sadari masyarakat melupakan nilai-nilai dari pancasila.
    Bangsa Indonesia seharusnya lebih mendalami dan mempelajari nilai-nilai pancasila secara mendalam. Pendidikan pancasila sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, bermasyarakat dan bernegara. Dengan pendidikan pancasila kita dapat memperbaiki kehidupan terutama dalam sikap dan berprilaku sebagai makhluk sosial.
    Masyarakat Indonesia diharapkan dapat memilah-milih mana yang baik dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai yang baik dalam kehidupan bermasyarakat seharusnya dapat menjadi prinsip hidup seseorang yang dilakukan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai dari luar yang masuk dalam Negara kita harus disikapi dengan mimilah-milih mana yang cocok dan baik untuk bangsa indonesia. Masyarakat kita harus pandai memilih tanpa harus merusak nilai-nilai luhur bangsa indonesia, bukan secara mudah mengikuti nilai-nilai dari luar dengan tujuan mengikuti trend yang berkembang.
    Pancasila adalah dasar Negara, pedoman hidup dan kebutuhan bangsa yang seharusnya dijunjung dalam setiap perlakuan, sikap, dan sifat masyarakat. Dengan adanya pancasila dan mengamalkan nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari akan menjadikan kehidupan menjadi lebih aman, tentram, dapat lebih mengendalikan perlakuan, dan merasa malu apabila melakukan perbuatan yang tidal sesuai dengan nilai pamcasila.
    Pengamalan nilai pancasila harus didukung dengan fasilitas pemerintah dengan mengadakan pendidikan formal di sarana pendidikan yang wajib dilaksanakan yaitu pendidikan pancasila. Petinggi bangsa harus mendukung, ikut mendidik, dan mencerminkan sebagai masyatakat yang cinta tanah air dan mengamalkan pancasila dengan baik sehingga penerus bangsa dapat menjadikan petinggi sebagai panutan karena perilaku yang baik dan sesuai dengan nilai pancasila dalam bermasyarakat, bernegara dan berbangsa.
    Indonesia sudah sepantasnya mempunyai fondasi kenegaraan yang kuat dan mandiri agar tidak kehilangan jati diri dan ciri-ciri sebagai suatu bangsa. Pendidikan pancasila formal juga tidak akan ada gunanya jika pendidikan yang sudah didapatkan tidak diamalkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Maka kita sebagai makhluk sosial dan bermasyarakat perlu mengamalkan dengan dimulai dari hal terkecil yang ada di sekitar kita yaitu dengan menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga dan tetangga, menjalankan perintah agama, bermasyarakat dengan aktif di organisasi, saling membantu, peduli, dan baik terhadap sesama.

  13. Gallih Bintan Y mengatakan:

    Nama : Gallih Bintan Y
    Kelas : 3ID05
    Judul Video : Hilangnya Nilai-Nilai Dasar Pancasila
    Komentar :
    Reformasi sudah terjadi dalam 15 tahun terakhir, tetapi saat ini tidak terwujud dengan apa yang diharapkan, buktinya seperti masih banyaknya kejadian yang jauh dari nilai-nilai Pancasila, contohnya seperti tindakan korupsi yang makin hari semakin merajalela. Indonesia adalah negara yang kaya akan segalanya diantaranya seperti sumber daya alam, budaya, dan lain sebagainya, dan hal tersebut membuat banyak negara-negara didunia iri bahkan menjadi suatu ancaman untuk bisa menguasai negri tercinta ini. Indonesia merupakan negri yang disebut oleh negara-negara luar sebagai surganya dunia, negara-negara tersebut pun memanfaatkan hubungan kerjasama sebagai keuntungan buat mereka. Dan dengan pemanfaatan tersebut maka negara-negara tersebut pun dapat menguasai potensi yang ada di negri tercinta ini, serta uniknya para petinggi negara membiarkan pemanfaatan “musuhnya”. Hal ini menjadikan bangsa Indonesia tidak mengamalkan nilai-nilai pancasila sehingga jika dibiarkan terus-menerus akan kehilangan nilai-nilai dasar Pancasila.
    Para wakil rakyat di negara ini pun juga banyak yang tidak memaknai nilai-nilai Pancasila yang sebenarnya, beberapa faktanya yaitu seperti banyak pemimpin yang melakukan tindakan korupsi terhadap uang negara, tidak mempertanggungjawabkan kewajibannya sebagai wakil rakyat, dan bersikap sewewenangnya. Fakta ini tidak akan terjadi jika seseorang mengamalkan nilai-nilai dasar Pancasila, karena pancasila merupakan dasar negara sebagai fondasi suatu bangsa. Pancasila merupakan pedoman hidup bagi seluruh penduduk Indonesia dan harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta diamalkan sejak dini. Pancasila berperan sangat penting di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai sifat, falsafah, dan dimensi bangsa harus menjadi kenyataan, agar Indonesia tetap ada, hidup, dan abadi sampai akhirul zaman. Hilangnya Pancasila di dalam kehidupan Indonesia akan menyebabkan hilangnya Bangsa Indonesia dan berakibat fatal bagi masa depan negri tercinta ini.

  14. rarabebyuchul mengatakan:

    Nama : Ira Septiana
    Kelas :3ID05
    Judul Video :Hilangnya nilai-nilai dasar pancasila
    Komentar :rakyat indonesia menyadari sulitnya mendapatkan pekerjaan serta biaya pendidikan yang mahal menyebabkan generasi bangsa tidak semua bisa sekolah. mereka lebih memilih untuk bekerja demi kelangsungan hidupnya. banyaknya dari masyarakat memilih menjadi pengemis, karena tidak memerlukan modal yang besar, hanya baju compang camping serta tubuh yang dibalut dengan perban yang menjadi penunjang profesi mereka. pemerintah seharusnya menyadari serta memberikan solusi untuk mereka. penyebab dari permasalahn tersebut bisa diselesaikan dengan baik jika pemerintah membuka lapangan kerja yang baru agar persentase penggangguran dapat menurun. kemudian seharusnya pemerintah harus bertindak tegas dengan pejabat yang korupsi. setidaknya penjara seumur hidup dan hukuman mati. agar pemimpin bangsa tidak bertindak seenaknya terhadap uang rakyat. banyak sekali dijumpai tersangka korupsi masih bisa kemana-mana karena proses yang lambat dari hukum. sedangkan rakyat biasa yang mencuri seekor ayam dihakimi masa sampai babak belur kemudian dipenjara. hal ini menandakan ketidak adilan terhadap orang yang mempunyai kekuasaan dengan rakyat yang miskin yang terpaksa mencuri dengan alasan demi kelangsungan hidup. pemerintah harus mempunyai kebijakan dalam permasalahan tersebut. dengan cara membuat peraturan baru bahwa pemimpin bangsa atau siapun yang sudah terbukti korupsi harus menerima hukuman seumur hidup atau hukuman mati dengan catatan harta pemimpin korup tersebut sebagai pengganti dari uang rakyat yang diambil.

  15. rika marsaulina mengatakan:

    Nama : Rika Marsaulina
    Kelas : 2EA27
    Judul Video : VIDEO 1 ( Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila)
    komentar

    Lunturnya nilai-nilai pancasila yang dialami masyarakat Indonesia ini dikarenakan berkurangnya pengetahuan akan nilai-nilai pancasila itu sendiri. Belum tentu ketika seseorang mengucapka 5 sila yang ada di pancasila orang tersebut mengetahui isi kandungan yang ada didalam 5 sila tersebut. Ini karna factor kurangnya pengetahuan dari diri seseorang tersebut mengenai nilai-nilai pancasila. Mengapa saya mengatakan bahwa masyarakat Indonesia kurang akan pengetahuan pancasilanya, karena masyarakat itu sendiri tidak mendorong dirinya sendiri untuk belajar atau paham apa arti pancasila didalam kehidupan ini mereka mengetahui pancasila tapi tidak mengetahui arti didalam pancasila tersebut tidak paham pengetahuan apa yang disampaikan oleh nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Seperti yang disampaikan oleh Marhany Victor Poly Pua bahwa ketika Bung Karno berpidato pada 1 Juni 1945 dihadapan sidang BPUPKI menyampaikan tentang gagasan 5 dasar Negara mengenai pancasila itu sendiri. Kemudian pada proses sejarah ada piagam Jakarta pada tgl 22 Juni dan tanggal 18 Agustus 1945 tentang rumusan pancasila seperti sekarang ini. Jadi pancasila bukan hal yang baru dan bukan hal yang instan tetapi memang digali dari nilai-nilai luhur budaya bangsa. Dari ucapan Marhany Victor Poly Pua kita dapat menyimpulkan memang lunturnya nilai-nilai pancasila bukan dari ketiadaan arti pancasila itu sendiri akan tetapi ketidak pahaman dari diri masyarakat itu sendiri. Ketika kita duduk dibangku sekolah bukan sekolah tidak mengajari kita pelajaran pancasila kita diajarkan dari sejak SD sampai dibangku kuliah tentang pelajaran Pancasila tetapi Pancasila hanya diajarkan 1 kali dalam seminggu itupun hanya 2 jam atau mungkin hanya 80 menit. Apakah ketika kita belajar pancasila dengan waktu 80 menit kita akan mengetahui seluruh nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, tentu saja tidak. Bahkan mungkin ada yang bertanya kenapa sih kita harus belajar pancasila dari dulu hingga sekarang. Belum tentu masyarakat luas mengetahui bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, sebagai ideology Negara dan sebagai pandangan hidup. Dan menurut saya nilai-nilai yang terdapat didalam pancasila itu sangat berpengaruh kuat untuk diri seseorang kita bisa mengetahui tentang arti kesusilaan arti berbangsa dan bernegara arti gotong-royong yang sesungguhnya seperti apa. Mungkin jika Pancaila lebih diterapkan didalam diri seseoang masing-masing bangsa dan Negara Indonesia bisa lebih tentram bisa lebih sempurna bahkan lebih dari sempurna. Jangan kita menyalhkan pemerintah atau menyalahkan oranglain ketika kita tidak tahu arti nilai pancaila tersebut tapi kita bisa intropeksi diri kita sendiri bahwa Pancasila bukan hal yang baru di Indonesia bukan hal asing untuk Negara kita tetapi Pancasila ada sejak dulu mungkin kita hanya kurang memahaminya saja. Tidak ada kata terlambat untuk Negara kita ini Negara Indonesia, kita hanya perlu memberikan pemahan yang lebih ketat lagi yang lebih luas yang lebih bisa dipahami oleh masyarakat kita agar Nilai-Nilai Pancasila Negara kita tidak luntur tidak musnah hanya karena kurangnya pengetahuan anak-anak bangsa. Kita harus bisa mewujudkan kembali nilai-nilai Negara kita masih banyak generasi muda dibawah kita yang perlu kita himbau kesadarannya agar kembalinya nilai-nilai luhur budaya bangsa.

  16. felix dewangga pramudita mengatakan:

    Nama : Felix Dewangga Pramudita
    Kelas : 3ID05
    Judul Video : Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila
    Komentar :
    Saya merasa masih kurangnya toleransi di negri ini, sebab kelompok mayoritas sering mendiskriminasi orang-orang minoritas, padahal seharusnya setiap warga negara Indonesia,diharapkan wajib untuk mengerti,memahami,menghayati,dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila,yaitu nilai religi sebagai nilai agama yang secara jelas tercermin dalam kehidupan pribadi,keluarga dan bermasyarakat yang merupakan cerminan dari sila yang pertama dari Pancasila;nilai kekeluargaan dan kebersamaan sebagai nilai budaya yang dibangun dengan semangat kebangsaan,kebersamaan dan solidaritas yang menjiwai sifat iman dan taqwa,merupakan cerminan dari sila ke dua Pancasila. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan konsesus atau jalan tengah dalam menjembatani persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan nilai-nilai dengan poros ideologis dan budaya yang berbeda dengan satu tujuan bahwa nilai ini menjadi kekuatan ideologis dalam membangun bangsa dan negara sesuai dengan cita-cita suatu negara yang merdeka dan berdaulat. Pancasila bukan alat untuk menyeragamkan nilai tetapi merupakan katalisator bagi bangsa ini dalam menyaring masuknya nilai-nilai ideologis asing.Pancasila adalah ideologi yang mampu menjaga harkat dan martabat bangsa di semua lini kehidupan. Pancasila adalah alat yang ampuh untuk menempatkan pemerintah dan rakyatnya pada posisi setara dan saling menghormati yang pada akhirnya Pancasila adalah dinamisator bangsa ini untuk mencapai tujuan dan cita-cita besar yang diinginkan bersama yaitu bangsa yang besar, kuat dan sejahtera berlandaskan kepada prinsip-prinsip yang terkandung dalam Lima Sila tersebut. Kontekstualisasi Pancasila selalu dibutuhkan oleh orang Indonesia yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan dunia. Realisasi harapan akan membuat Pancasila mampu memainkan peran: internal, berfungsi sebagai perekat persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia dan mengarahkan perjuangan bangsa menuju cita-citanya dan berkembang. Secara eksternal, berfungsi sebagai identitas bangsa sehingga orang Indonesia berbeda dengan orang asing.

  17. shafa sanjaya mengatakan:

    Nama: Shafa Sanjaya
    Kelas: 2EA27
    Judul Video: Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila
    Komentar: menurut saya pancasila memang ideologi negara indonesia dan warisan dari leluhur. tetapi kita harus mengakui kalau nilai-nilai yang terkandung didalam pancasila tidak berjalan dengan baik oleh masyarakat. jangankan rakyat kecil, anggota-anggota dewan pun banyak yang tidak menjalani arti dari pancasila contoh nya koruptor. oleh karena itu pancasila seharusnya lebih diperkenalkan lebih dalam agar semua masyarakat tau apa arti yang terkandung dalam pancasila. mungkin bukan hanya rakyat kecil saja yang diberi bimbingan lebih, tetapi orang-orang yang bekerja dalam pemerintah juga harus diberi bimbingan yang sama agar pancasila sebagai ideologi negara dapat berjalan dengan baik seperti dahulu. kalau dibiarkan saja nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila akan memudar dan hilang dan suatu saat pancasila sudah tidak memiliki arti lagi. bimbingan pancasila harus nya jangan ditekankan pada waktu kecil saja tetapi ketika dewasa juga harus tetap ditekankan agar tidak terlupakan. saya pernah melihat di suatu televisi bahwa ada seorang mentri yang disuruh menyebutkan pancasila dari sila 1 sampai 5 dan hasil nya dia tidak bisa menjawab dengan benar. ini sungguh memalukan karena gimana mau menjalankan nilai-nilai pancasila kalau sila nya sendiri tidak hafal. maka dari itu mulai sekarang pancasila harus lebih ditekan kan lagi agar berjalan kembali dengan baik. kalau pancasila sudah berjalan dengan baik, mudah-mudahan indonesia cepat menjadi negara maju bukan negara berkembang seperti sekarang dan pengangguran diindonesia bisa berkurang. tetapi kalau negara kita tidak menjalankan pancasila dengan baik, bukan tidak mungkin kalau negara kita tidak akan maju-maju dan bukan tidak mungkin negara kita akan dijajah kembali oleh negara lain.

  18. femila mengatakan:

    Nama : Femila Gita Ferninda
    Kelas : 3ID05
    Judul Video : Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila
    Komentar :
    Penjelasan narasumber yang telah dijelaskan bahwa sebenarnya pendidikan pancasila tidak menjadi pelajaran pokok dan bahkan dari hasil survey yang dilakukan 30% masyarakat hanya mengetahui arti dari nilai-nilai yang terdapat dalam pancasila namun tidak menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menjadikan masyarakat kehilangan pedoman. Seperti pendapat dari narasumber perlu adanya sosialisasi ideolgi padamasyarakat, karena masyarakat masih banyak yang belum mengetahui tentang arti dari pancasila tersebut. Hal tersebut kerap terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat akan negaranya dan pedoman hidupnya. Masuknya globalisasi pun memengaruhi masyarakat akan kepercayaannya dengan adat-adat dan tradisi yang mulai luntur karena adanya globalisasi ini sehingga harusnya ada pemupukan tentang pengetahuan pancasila sedini mungkin. Musyawarah mufakat pun sekarang ini jarang digunakan seperti konflik perebutan lahan antara warga dan pengusaha tidak adanya musyawarah dalam menyelesaikan permasalahannya sehingga terjadi perselisihan dan bentrok warga. Para pendahulu menciptakan pancasila bukan hanya sekedar menjadikan pancasila sebagai pedoman namun mereka melakukan hal tersebut agar menjadi negara yang aman. Program yang dilakukan mpr seperti melakukan outbond merupakan tindakan baik dalam menanamkan pancasila pada diri masyarakat dan penerus bangsa. Permainan yang dilakukan akan menjadikan persatuan dalam menyelesaikan masalah dengan melakukan masyarakat. Pemerintahpun seharusnya ikut membuat program-program yang dapat dipahami masyarakat dalam pengenalan pancasila agar lebih diterima dan dipahami, sebagai pejabat dan pemimpin juga harus menerapkan pancasila dalam melaksanakan tugas maupun kehidupan sehari-hari karena masyarakat yang cenderung suka mengikuti tren dan para idolanya. Hal tersebut akan membiasakan diri masyarakat dalam menerapkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai pedoman, karena masyarakat sering kali berfikir buat apa mereka menerapkan pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari seperti para leluhur sedangkan pemimpinnya saja tidak mau melaksanakannya. Namun jika pemimpinnya mau menerapkandalam kehidupan sehari-hari masyarakatpun akan mengikutinya karena merasa malu, dan haltersebut akan membuat negara nyaman, aman, tentram dan sejahtera. Maka kemerdekaan dalam negara benar-benar terjadi hingga akhir masa bukan hanya para leluhur saja.

  19. Hilda Rahmawati mengatakan:

    Nama: Hilda Rahmawati
    Kelas: 3ID05
    Judul video: Hilangnya nilai dasar pancasila
    Komentar:
    Nilai dasar pancasila sudah sangat bobrok di Indonesia ini, seperti yang dibahas pada video ini, begitu banyak contoh atau kasus yang menunjukkan bahwa negara ini sudah tidak mementingkan nilai dasar pancasila. Pancasila hanya dijadikan sebuah bacaan dan hafalan yang dibacakan setiap upacara, tanpa memahami isi dari pancasila tersebut. Hal ini sangat memprihatinkan tentunya, suatu nilai dasar yang menuntun negeri Indonesia menjadi lebih baik malah diabaikan dan bahkan dilanggar oleh oknum tertentu. Pemerintah atau tokoh pilitik yang menjadi contoh masyarakat bahkan melanggar atau tidak mengamalkan nilai pancasila yang ada, seperti korupsi yang marak terjadi dan merupakan suatu gambaran bahwa sebagian besar tokoh masyarakat ini tidak memiliki rasa malu dan tidak memiliki moral. Tidak hanya itu, kasus yang lain masih banyak lagi. seperti tindakan pembunuhan antara sesama umat beragama, kemudian banyaknya pengemis-pengemis yang sebetulnya masih sanggup bekerja, kemudian tawuran yang terjadi antar berbagai kelompok.
    Reformasi sebetulnya sudah memiliki konsep yang betul, tetapi para manusia dibalik reformasi ini pura-pura tidak memahami.
    Indonesia sebaiknya memperbaiki sistem pemerintah ini, yaitu sistem menjadi transparan agar semua kepentingan negara atau pun kecurangan dalam berpoitik dapat terlihat dengan jelas.
    Korupsi di negara ini sangat mencerminkan bahwa nilai dasar pancasila yang telah hilang, untuk itu perlu diperlukan sebuah kesadaran dari diri sendiri bahwa korupsi bukanlah hal yang baik untuk dirinya maupun negara, tetapi kesadaran dari diri sendiri ini sangat sulit diterapkan, maka haruslah diterapkan sistem yang transparan dalam urusan negeri ini. Generasi penerus bangsa harus ditanamkan sifat kejujuran dan beragama sejak dini, agar terhindar dari perbuatan yang tidak bermoral dan bertolak belakang dari nilai pancasila.

  20. Nama : Septian avi sena
    Kelas : 2EA27
    Judul Video : VIDEO 2 ( Hilangnya Nilai-Nilai Dasar Pancasila)
    Komentar :

    Untuk memperbaiki era reformasi karena hilangnya nilai-nilai dasar pancasila mungkin perlu dibuat suatu badan yang mengatur hal-hal yang berkaitan. Kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan koruptor, karena apabila tidak ada peluangpun, koruptor tidak akan bisa korupsi. Dalam hal ini perlu di tata ulang kembali bagaimana pancasila di ajarkan di praktikan agar mental calon pemimpin rakyat kuat untuk tidak merugikan rakyatnya. Sedari kecil pancasila bukan saja diajarkan hanya dalam pelajaran. tapi bagaimana mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari tanpa henti. Dan tadi benar dalam pembahasan sistem dinegara kita perlu di perkuat kembali agar mulai dari petinggi hingga bagian terbawah bisa bersih untuk memajukan negara kita.

    Tapi tentunya tidak saja mudah melakukan perbaikan semua tanpa merata di setiap daerah diindonesia, oleh karena itu ini sebenarnya perlu ditanggapi dengan serius dan dibarengi dengan perbaikan-perbaikan negara kita, yang kita akui memang banyak kekurangan.

  21. Adam Maulana D mengatakan:

    Nama: Adam Maulana Dewanto
    Kelas: 2IC07
    Judul video: Hilangnya nilai dasar pancasila

    Setelah melihat video diatas,saya dapat menyimpulkan bahwa masih banyak sekali nilai-nilai pancasila yang sudah dislahgunakan oleh masyarakat indonesia di jaman sekarang ini,yang pertama sila ke -5 yakni keadilan sosial bagi selurh rakyat indonesia,ini yang sangat riskan sekali,mulai dari burh pabrik yang meminta kenikan upah atau gaji yang lebih tinggi sekitar 4 sampai 6 juta rupiah,ini sama saja gaji mereka ingin disamakan oleh orang-orang yang sudah berpendidikan S1,sedangkan yang sudah berpendidikan S1 saja upahnya hanya mencapai 4 smpai 7 juta rupiah,itupun kalau dapat kerjaan,sekarang bisa kita lihat sendiri,rakyat di indonesia ini walaupun pendidikannnya sudah S1 masih banyak yang menganggur ! apa ini yang dinamakan keadilan sosial??Atau mungkin saya analisis begini,okelah kita buka lapangan pekerjaan bagi yang sudah S1,tapi apa mungkin kita mengambil misalkan lahan untuk berwiraswasta,sedangkan pemerintah dalam masa transisi,ini yang harus dipikirkan,jadi jangan salahkan jika orang-orang yang berpendidikan S1 masih banyak yang mengaggur,bahkan jadi miskin ! dan yang kedua sila ke empat yang isinya “Kerakyatan yang “dipimpin” oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan,ini malah banyak sekali problemnya,mulai dari kasus2 yang menimpa orang kecil,mecuri sendal saja,itu dpenjara,sedangkan yang membunuh begitu banyak orang,mereka yang punya jabatan tinggi atau terkenal malah tidak diapa-apakan,ini yang slah mereka yang punya jabatan yang tidak bisa amanah,padahal sebelum mereka menjabat,mereka sudah bersumpah untuk melindungi dan tidak membohongi masyarakat,di reformasi sekarang ini indonesia perlu berbenah,apalagi penerus bangsa seperti kita ini,jangan sampai kita meneruskan hal-hal yang sudah terjadi,kita akan semakin tertinggal oleh negara yang sudah maju diluar sana,maka dari itu mari kita bersma-sama,kalau satu dua orang saja sya rasa tidak mungkin,mulai dari sendiri,baru kita pelajari bagaimana solusi yang tepat untuk kembali kita membangun indonesia yang lebih maju dan demokratis.

  22. Adam Maulana D mengatakan:

    Nama: Adam Maulana Dewanto
    Kelas: 2IC07
    Judul video: Hilangnya nilai dasar pancasila
    Komentar:
    Setelah melihat video diatas,saya dapat menyimpulkan bahwa masih banyak sekali nilai-nilai pancasila yang sudah dislahgunakan oleh masyarakat indonesia di jaman sekarang ini,yang pertama sila ke -5 yakni keadilan sosial bagi selurh rakyat indonesia,ini yang sangat riskan sekali,mulai dari burh pabrik yang meminta kenikan upah atau gaji yang lebih tinggi sekitar 4 sampai 6 juta rupiah,ini sama saja gaji mereka ingin disamakan oleh orang-orang yang sudah berpendidikan S1,sedangkan yang sudah berpendidikan S1 saja upahnya hanya mencapai 4 smpai 7 juta rupiah,itupun kalau dapat kerjaan,sekarang bisa kita lihat sendiri,rakyat di indonesia ini walaupun pendidikannnya sudah S1 masih banyak yang menganggur ! apa ini yang dinamakan keadilan sosial??Atau mungkin saya analisis begini,okelah kita buka lapangan pekerjaan bagi yang sudah S1,tapi apa mungkin kita mengambil misalkan lahan untuk berwiraswasta,sedangkan pemerintah dalam masa transisi,ini yang harus dipikirkan,jadi jangan salahkan jika orang-orang yang berpendidikan S1 masih banyak yang mengaggur,bahkan jadi miskin ! dan yang kedua sila ke empat yang isinya “Kerakyatan yang “dipimpin” oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan,ini malah banyak sekali problemnya,mulai dari kasus2 yang menimpa orang kecil,mecuri sendal saja,itu dpenjara,sedangkan yang membunuh begitu banyak orang,mereka yang punya jabatan tinggi atau terkenal malah tidak diapa-apakan,ini yang slah mereka yang punya jabatan yang tidak bisa amanah,padahal sebelum mereka menjabat,mereka sudah bersumpah untuk melindungi dan tidak membohongi masyarakat,di reformasi sekarang ini indonesia perlu berbenah,apalagi penerus bangsa seperti kita ini,jangan sampai kita meneruskan hal-hal yang sudah terjadi,kita akan semakin tertinggal oleh negara yang sudah maju diluar sana,maka dari itu mari kita bersma-sama,kalau satu dua orang saja sya rasa tidak mungkin,mulai dari sendiri,baru kita pelajari bagaimana solusi yang tepat untuk kembali kita membangun indonesia yang lebih maju dan demokratis.

  23. Endriyana Ragesti mengatakan:

    Nama : Endriyana Ragesti
    Kelas : 2EA27
    Judul Video : Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila
    Komentar :
    Menurut saya, untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila, harus disosialisasikan dalam berbagai aspek, baik itu aspek pendidikan, politik, kehidupan sehari-hari ataupun dalam mengatasi persoalan yang ada di bangsa ini, Indonesia. Menurut Marhany, “…dari sejarahnya, Pancasila itu lahir dari nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia yang tumbuh dan berkembang lalu kemudian mengalami akulturasi dalam dinamika kehidupan kebangsaan…” Namun menurut saya, semakin berkembangnya zaman, nilai-nilai luhur tersebut kurang disadari oleh masyarakat Indonesia apalagi di zaman modern seperti ini, yang menjadikan nilai-nilai Pancasila tersebut hanya sebuah kata kiasan yang tak ada artinya bagi pedoman kehidupan bangsa.

    Dari penjelasan narasumber yang telah dijelaskan, bahwa banyak sekali konflik yang terjadi di daerah-daerah baik itu antar kampung, kelompok masyarakat, mahasiswa ataupun pelajar. Konflik tersebut terjadi karena berbagai hal yaitu politik, ekonomi, sosial ataupun yang lain. Seharusnya konflik-konflik tersebut tidak harus terjadi karena tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang menjadi pedoman hidup bangsa dan itu semua diakibatkan karena kurangnya aktualisasi nilai-nilai Pancasila baik itu di dalam kehidupan masyarakat ataupun dari diri masing-masing.

    Menurut Zainut Tauhid, musyawarah mufakat adalah ciri khas dari Negara Indonesia, namun sekarang ini hampir ditinggalkan atau tidak digunakan untuk mengatasi persoalan-persoalan yang terjadi di Negara Indonesia. Mulai dari masyarakat, misalnya bentrok antara warga dengan petugas mengenai perebutan lahan. Tidak ada solusi yang baik untuk kedua belah pihak, yang ada hanyalah keributan bahkan hingga adu jotos. Para petinggi Negara pun demikian, misalnya dalam persidangan-persidangan, dalam mengambil keputusan mereka lebih mengutamakan suara terbanyak atau ego masing-masing daripada mencari solusi secara bersama dan mendengarkan pendapat dari orang lain.

    Seperti menurut pendapat narasumber, perlu adanya sosialisasi tentang nilai-nilai Pancasila, agar masyarakat mengetahui makna atau arti dari nilai-nilai Pancasila tersebut untuk pedoman hidup bangsa dan negara. Perlu adanya program-program, seperti menurut narasumber yaitu pemerintah telah membuat program outbond, program tersebut bisa menanamkan nilai-nilai pancasila pada diri masyarakat dan juga penerus bangsa untuk kedepannya. Pemerintah juga harus membuat program-program yang lebih banyak untuk pengenalan tentang nilai-nilai Pancasila tersebut dan dimengerti oleh masyarakat, juga harus menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam melaksanakan tugasnya, serta dalam kehidupan sehari-hari, agar masyarakat juga mau mengikuti menerapkan nilai-nilai Pancasila. Karena masyarakat berfikir untuk apa menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sedangkan para pejabat dan petinggi Negara tidak menerapkannya. Tetapi, jika Pancasila yang menjadi dasar Negara bangsa Indonesia ini tidak segera diterapkan dalam pedoman hidup bangsa, bukan tidak mungkin Negara ini tidak akan maju-maju, banyak sekali masalah yang akan timbul dan tidak dapat teratasi, serta bukan tidak mungkin Negara ini akan dijajah kembali oleh Negara lain. Jika nilai-nilai Pancasila tersebut sudah diterapkan oleh para pejabat juga petinggi Negara lainnya serta masyarakat, Indonesia bisa menjadi Negara yang maju, tidak lagi menjadi Negara yang berkembang, dan masalah-masalah yang ada di Negara ini, seperti korupsi, inflasi, pengangguran, masalah ekonomi dan lainnya bisa teratasi.

  24. rizqi ary setiawan mengatakan:

    Nama: Rizqi Ary Setiawan
    Kelas: 3ID05
    Judul: aktualisasi nilai nilai pancasila
    Komentar:
    Agar penerapan nilai-nilai Pancasila dalm kehidupan sehari-hari dapat berjalan lancar dan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh para pendirei bangsa maka diperlukan aktualisasi nilai-nilai Pancasila (pembaharuan mengenai asumsi/interpretasi nilai-nilai Pancasila). Dinamika dalam mengaktualisasikan nilai Pancasila ke dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan benegara adalah suatu keharusan, agar Pancasila tetap selalu relevan dalam fungsinya memberikan pedoman bagi pengambilan kebijaksanaan dan pemecahan masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Agar loyalitas warga masyarakat dan warga negara terhadap Pancasila tetap tinggi.

    Di lain pihak, kerancuan nilai-nilai Pancasila bisa diminimalisir. Keuntungan dari adanya dinamika dalam aktualisasi nilai Pancasila dalam kehidupan praksis adalah selalu terjadinya perubahan dan pembaharuan dalam mentransformasikan nilai Pancasila ke dalam norma dan praktek hidup dengan menjaga konsistensi, relevansi, dan kontekstualisasinya. Sedangkan perubahan dan pembaharuan yang berkesinambungan terjadi apabila ada dinamika internal (pembaharuan dari dalam) dan penyerapan terhadap nilai-nilai asing yang relevan untuk pengembangan dan penggayaan ideologi Pancasila. Muara dari semua upaya perubahan dan pembaharuan dalam mengaktualisasikan nilai Pancasila adalah terjaganya kredibilitas Pancasila oleh warga negara dan warga masyarakat Indonesia.

  25. Arief Pratama L mengatakan:

    Nama: Arief Pratama L
    Kelas: 3ID05
    Judul video: Hilangnya nilai dasar pancasila
    Komentar:
    Implementasi pancasila sebagai dasar negara saat ini menemui banyak kendala, dimulai dari lemahnya pemahaman nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila. Hal ini menjadi masalah utama yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Lahirnya perilaku separatisme, konflik bermotif SARA, kebebasan media massa, korupsi diberbagai tingkatan, melemahnya keteladanan para tokoh-tokoh masyarakat adalah bukti menurunya pemahaman nilai-nilai pancasila. Selanjutnya kendala yang harus dihadapi adalah banyaknya peraturan perundang-undangan yang belum sepenuhnya mengacu pada nilai-nilai pancasila. sejak era reformasi dan otonomi daerah, banyak sekali peraturan daerah yang menunjukan egosektoral, saling tumpang tindih sehingga jauh dari keserasian dan keharmonisan. Banyak peraturan daerah yang dibuat untuk bersaing meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), yang justru menurunkan iklim investasi didaerah. Pemilihan kepala daerah yang lebih mengutamakan putra daerah, bukan putra terbaik bangsa sehingga memunculkan para pemimpin yang pragmatis. Mungkin kendala selanjutnya adalah sejak dibubarkanya BP7 pada saat era reformasi, tidak ada lembaga yang bertanggung jawab menangani pemantapan nilai-nilai Pancasila dan konsep-konsep wawasan kebangsaan. hal ini lah yang menunjukan implementasi nilai-nilai pancasila belum dilembagakan secara komperhensif

    solusi bagi permasalahan yang dihadapi dalam implementasi nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara adalah Langkah konkritnya, pemerintah perlu memasukkan kembali nilai-nilai Pancasila sebagai materi bahan pengajaran pada system pendidikan nasional. Kebijakan ini tetap relevan dan tidak akan mengurangi hakekat dari tujuan dasar pelaksanaan pendidikan nasional yang ingin menciptakan manusia yang berakhlak cerdas. Negara memerlukan falsafah politik karena pemikiran filsafat kenegaraan bertolak dari suatu pandangan bahwa Negara merupakan persekutuan hidup manusia atau organisasi kemasyarakatan yang juga merupakan masyarakat hukum

  26. ahmad fajar kholil mengatakan:

    NAMA : AHMAD FAJAR KHOLIL
    NPM : 20412430
    KELAS : 2IC07
    JUDUL : VIDEO 1 ( Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila)
    KOMENTAR:
    Menurut perbincanga diatas memang di zaman sekarang ini pendidikan pancasila kurang dan pembudayaan peraturan pancasila, sangan terlihat kurangnya penerapannya. Bahkan pancasila hanya sebagai alat politik kekuasaan bukan lagi sebagai idielogi Negara dan nilai luhur suatu negaran. Jadi seharusnya pancasila di utarakan sebagai mana mestinya. Jangan di salah artikan lagi oleh generasi berikutnya. Jadikanlah pancasila sebagai pedoman dalam suatu hidup berbangsa dan bernegara.
    Adanya konflik firtikal maupun horizontal akar persoalannya berfariasi ada dari masalah politik, ekonomi maupun social. Tidak dapat dipungkiri Negara Indonesia memiliki tantangan yang besar karena bangsa indonesiapun bangsa yang besar. Ancaman yang terjadi saat ini adalah sumberdaya manusia, perekonomian masyarakat Indonesia yang masih belum ter menejemen dengan baik, globalisasi serta modernisasi.
    Musyawarah mufakat di dalam suatu Negara itu penting. Karena sitiap keputusan harus di musyawarahkan apa lagi suatu keputusan yang berpengaruh besar untuk suatu Negara, dibutuhkannya musyawarah dan pendekatan antara pemimpin dengan angota-anggotanya serta peran masyarakat dalam musyawarah tersebut. Serta pentingnya peran serta siswa-siswa SMA, SMA serta para mahasiswa yang harusnya ikut serta dalam musyawarah tersebut.
    Menurut survey bahwa pancasila mulai di tinggalkan oleh masyarakat karena tidak lagi dilaksanakannya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Serta deberatkan untuk presiden atau pemerintah yang berperan penting sebagai contoh yang menjalankan nilai-nilai pancasila terwujud dengan baik, dan aktualisasi nilai-nilai pancasila.

  27. syifaunnisa mengatakan:

    Nama: Syifa Unnisa
    Kelas: 2EA27
    Judul Video: Aktualisasi nilai nilai pancasila
    Komentar: menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut, nilai nilai pancasila pada saat ini memanglah sangat miris, pancasila sudah tidak melekat lagi pada individu rakyat indonesia, sekarang ini pancasila hanya dijadikan sebagai pajangan dinegara ini.
    mirisnya pada saat ini pelajaran pancasila tidak lagi dijadikan pelajaran pokok disekolah sekolah. bagaimana generasi muda bisa menjalankan nilai nilai pancasila jika seperti itu, jika anda menanyakan apa saja bunyi bunyi ke-5 sila tersebut? belum tentu generasi muda sekarang bisa menyebutkan sila sila dengan benar, jika memang ia menjawab dengan benar belum tentu dia memahami makna sila sila tersebut. hal ini terjadi karena kurangnya kesadran masyarakat akan nilai nila pancasila dan kurangnya pengetahuan tentang pancasila.
    Adanya budaya barat bisa juga mengubah pola pikiran kita tentang nilai nilai pancasila.
    Banyaknya kasus korupsi, konflik antar daerah, masyarakat,dll ini membuktikan bahwa nilai nilai pancasila sudah sangat diabaikan.

    contoh kasus korupsi, koruptor itu mengambil uang hak rakyat kecil untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik,

    contoh ketidak adilan hukum, seseorang yang mencuri sendal ia mendapatkan hukuman penjara bertahun tahun sedangkan koruptor? ia tidak mendapatkan hukuman yang setimpal atas salahnya.
    hukum diindonesia saat ini bisa dibeli dengan uang.

    Contoh diatas tidak menerapkan sila “kemanusiaan yang adil dan beradab dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.” contoh diatas menunjukan telah memudarnya nilai nilai pancasila.

    Jika ingin pancasila lebih diberlakukan pada kehidupan sehari hari ilmu pancasila ini harus ditanamkan sejak kecil kepada generasi muda, dan juga kesadaran bagi seluruh masyarakat untuk ini.

  28. Muhammad Rizki Syahputra mengatakan:

    Nama : Muhammad Rizki Syahputra
    Kelas : 3ID05
    Judul Video : Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila
    NPM : 34411962

    Komentar:
    Berdasarkan hasil percakapan diatas mengenai aktualisasi nilai-nilai pancasaila, diketahui bahwa nilai-nilai pancasila berdasarkan nilai-nilai leluhur yang ada sejak zaman dulu. Nilai-nilai leluhur yang ada sudah tertanam pada zaman dahulu yang diterapkan oleh orang-orang terdahulu. Nilai-nilai tersebut kemudian dijadikan acuan sebagai sila-sila dalam pancasila. Nilai-nilai tersebut telah berada pada ketetapan MPR. Pancasila yang terdiri dari sila-sila yang saling berkaitan memiliki berbagai arti, seperti pada sila pertama ketuhanan yang maha esa menunjukan bahwa bangsa Indonesia beragam dan bertuhan, sila kedua kemanusiaan yang adil dan beradab menunjukan bahwa masyarakat Indonesia dalam memutuskan segala hal dapat dengan adil, sila ketiga persatuan Indonesia menunjukan adanya persatuan persaudaraan dalam berbangsa untuk mencapai kepentingan bersama, sila keempat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan peradilan menunjukan bahwa seorang pemimpin bangsa Indonesia adalah seorang yang bijaksana dan menomor satukan rakyatnya dengan permusyawaratan dan sila kelima keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia menunjukan segala sesuatu baik keputusan yang ada atau permasalahan yang terjadi pada rakyat Indonesia semuanya diputuskan secara adil.
    Pancasila yang dibuat berdasarkan nilai-nilai leluhur harusnya menjadi pedoman untuk hidup berbangsa, hal ini apabila tidak diamalkan atau dijalankan berdasarkan nilai-nilai yang ada maka akan menimbulkan banyak masalah, baik dari pola pikir masyarakat terhadap pemerintah bahkan tindak criminal yang akan marak dilakukan rakyat karena hidupnya tidak berdasarkan nilai-nilai tersebut. Pancasila yang sudah dirumuskan dan dibuat oleh para pahlawan-pahlawan bangsa sebaiknya harus diterapkan terutama kepada petinggi Negara karena rakyat yang ada diIndonesia pastinya akan mengacu atau melihat kebiasaan hidup yang dilakukan oleh petinggi Negara itu sendiri, dengan kata lain apabila petinggi Negara banyak berbuat kesalahan maka rakyatnya pun akan meniru apa yang telah dilakukan petinggi Negara begitu juga dengan kebalikannya. Perihal ini dapat diatasi dengan adanya kebiasaan hidup untuk tidak menyalahgunakan kekuasaan,apabila kekuasaan yang diberikan kepada petinggi Negara dan petinggi Negara bertanggung jawab dan mengamalkan nilai-nilai pancasila maka hasilnya akan member contoh yang baik kepada rakyatnya sehingga antar rakyat dan petingi negar tidak terjadi kesalah pahaman dalam berpikir sehingga setiap permasalahan yang ada dinegara Indonesia bisa diselesaikan secara musyawarah oleh petinggi Negara dan rakyatnya.
    Berdasarkan yang telah terjadi dan faktanya bahwa kehidupan yang sesuai dengan pancasila haruslah menjadi atau ditanamkan dan diamalkan sebagai pedoman hidup kesuluruhan rakyat Indonesia. Amanah yang diberikan kepada wakil rakyat harusnya diterapkan dan dijalankan dengan benar jangan menuruti hawa nafsu dan menyalahgunakan kekuasaan yang telah diberikan karena pada dasarnya Negara Indonesia merupakan Negara yang demokrasi sehingga harusnya rakyatlah yang dinomor satukan bukan diri sendiri. Menurut saya untuk kepemimpinan yang selanjutnya harusnya diberikan ultimatum hukuman keras agar tidak terjadi korupsi karena pada dasarnya dengan fakta yang ada hukuman diindonesia sangat banyak toleransinya daripada kenyataan hukuman yang telah dibuatkan pasal-pasalnya dengan kata lain hokum di Negara Indonesia tidak tegas.

  29. Chika Lorenthia Nandalika mengatakan:

    Nama : Chika Lorenthia Nandalika
    Kelas : 3ID05
    Judul Video : Hilangnya Nilai-Nilai Dasar Pancasila
    NPM : 31411629

    Komentar Video 2 :
    Berdasarkan percakapan yang ada pada video kedua, dapat terlihat jelas bahwa di negara Indonesia banyak sekali pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pejabat Negara namun bukan hanya saja pejabat Negara tetapi rakyatnya juga. Perihal ini terlihat sekali dalam kasus korupsi. Korupsi yang terjadi menurut saya dikarenakan tidak adanya semnagat pancasila dan tidak menanamkan dalam diri masing-msing nilai-nilai pancasila. Nilai-nilai dalam pancasila wajib ditanamkan dan diamalkan karena nilai-nilai yang ada dalam pancasila dibuat dan dirumuskan untuk kebaikan berbangsa dan bernegara sehingga Negara Indonesia menjadi Negara yang maju dan sukses tidak dibodohi oleh Negara lain dan tergantung dengan Negara lain juga. Kasus-kasus yang ada juga berdampak buruk terhadap keadaan Indonesia itu sendiri dimata dunia, dikarenakan sangat memalukan pejabat yang dipilih secara demokratis dan diberi amanah member contoh yang tidak baik kepada rakyatnya.
    Pancasila yang telah dirumuskan dan ditetapkan sebagai pedoman Negara Indonesia juga sebaiknya lebih dicermati dan didalami arti-artinya agar tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran hokum yang sama dan dilaukan oleh oknum-oknum pejabat Negara dan rakyat Indonesia juga. Akibat adanya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pejabat Negara menimbulkan pemikiran yang salah dalam padangan masyarakat,seperti halnya penyelewengan arti pancasila yang dibuat rakyat seperti yang diperbincangkan dalam video ini. Seperti ketuhanan yang maha kuasa berubah menjadi keungan yang maha kuasa, perihal ini dikarenakan di Negara Indonesia, sesorang yang melanggar hokum dapat dengan mudahnya bebesa dikarenakan banyak uang, uang yang diberikan juga diperuntukan oleh pejabat Negara agar pelanggaran hokum terbebas dari jerat hukumnya, seperti kasus yang terjadi dalam penjara. Penjara harusnya menjadi tempat yang menakutkan bagi pelanggar hokum namun dengan adanya uang yang diberikan kepada pegawai-pegawai dalam lapas, si pelanggar hokum dapat hidup dengan layak didalam sel dengan fasilitas lengkap seperti televisi, air conditioner dan lainnya. Perihal ini akan menimbulkan pola pikir yang salah pada masyarakat dan member contoh yang salah juga untuk masyarakat karena masyarakat akan berpikir, untuk apa takut dengan hokum yang ada di Negara Indonesia karena sel dipenjara yang ada dinegara ini juga sama saja seperti didalam rumah senidir dengan fasilitas yang sama. Permasalahan ini membuat masyarakat lainnya tidak takut dan jera dengan hokum di Negara Indonesia.
    Berdasarkan percakapan dalam video ini juga tentang kader-kader dalam suatu partai juga sebaiknya dikaji ulang dalam pemilihan dan sebagainya agar tidak melakukan korupsi, dengan adanya korupsi dinegara ini akan menyebabkan pembengkakan anggaran-anggaran Negara, hal ini dapat dilihat dari penyelewengan dana yang seharusnya digunkan untuk suatu pembangunan 100% tetapi yang digunakan hanya 80% dan sisahnya masuk kedalam kocek masing-masing lalu apabila tidak ada korupsi dinegara ini maka tidak perlu juga adanya tenaga kerja KPK yang berusaha membrantas korupsi karena ini juga dapat menambah anggaran Negara dengan menggaji mereka dan memberikan penghargaan kepada mereka yang telah membrantas korupsi. Sebaiknya semua masyarakat diIndonesia sadar akan hal yang dilakukan, baik atau buruknya dan hokum diindonesia juga sebaiknya ditegaskan lagi jangan seperti denda yang ditetapkan dalam peraturan busway bahwa apabila kendaraan mobil akan dikenakan denda 1 juta bila melalui jalur busway tapi setalh dilakukan sidang tidak dikenakan denda sama sekali, hal ini juga merupakan gambaran kecil tentang hokum yang tidak tegas diIndonesia. Negara Indonesia juga harusnya tidak cepat puas dengan apa yang telah dipunya karna pada dasarnya dalam pancasila juga menyelipkan nilai-nilai hidup dalam kebersamaan sehingga apabila Negara ini mayoritas tidak ada rakyat yang miskin lagi dan SDA kiata bisa diolah sendiri oleh Negara ini baru dapat dikatakan Negara kita adalah Negara yang maju.

  30. Nadya Puspaningrum mengatakan:

    Nama : Nadya Puspaningrum
    Kelas : 3ID05
    Judul Video : Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila
    NPM : 35411080

    Komentar Video 1 :
    Pancasila yang sudah ditetapkan berdasarkan nilai-nilai leluhur pasti mengacu pada kebaikan berbangsa, Ketentuannya seperti pada ketetapan MPR yang telah dibuat. Pancasila dikatakan mengacu kebaikan berbangsa terlihat pada sila pertama, ketuhanan yang maha esa menyatakan bahwa Negara Indonesia memiliki ketuhan yang terdapat dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia. Sila kedua kemanusian yang adil dan beradab terlihat pada perilaku gotong royong sesama warga. Sila ketiga persatuan Indonesia terlihat pada pemufakatan suatu keputusan dan sebagainnya.
    Pancasila harus dijadikan landasan kebiasaan hidup oleh masyarakat Indonesia. Kebiasaan tersebut harusnya bukan hanya saja masyarakatnya saja yang menjalankan, namun pejabat Negara pun harus memberi contoh yang baik untuk masyarakatnya. Keterbukaan dalam berbangsa, sebetulnya yang menjadi masalah besar bagi masyarakat, keterbukaan tentang keadaan Negara Indonesia tersebut seperti apa dan sebagainya, seperti terlihat pada kasus aktualisasi tentang pemecahan wilaya seperti di timor leste, pemerintahan yang tidak terbuka sehingga masyarakat kurang mengetahui hal tersebut. Padahal dalam sila-sila yang ada mengatakan bahwa sesuatu masalah yang ada harus dimufakatkan secara bersama. Kekuasaan sepihak yang dilakukan pemerintahlah yang membuat masyarakat menjadi kurang menteladani penjabat Negara itu sendiri.
    Pada kasus-kasus yang ada, sebaiknya tidak hanya dilakukan sosialisasi saja tapi dilakukan secara terbuka tentang apa yang terjadi pada Negara sehingga masyarakat lebih merasa didengar dan ikut serta dalam pembangunan bernegara yang lebih baik. Pemerintah yang telah dipilih secara umum seharusnya juga mencontohkan tindakan yang baik kepada masyarakat, tidak melakukan sewenang-wenangnya terhadap kekuasaan yang dimiliki. Perilaku yang tidak baik tersebut sehingga membuat pola pikir masyarakat berbeda dengan apa yang harusnya sudah ditetapkan, karena masyarakat jadi berpikir untuk tidak memperdulikan negaranya. Seperti contohnya mantan presiden Republik Indonesia BJ. Habibie, beliau merasa hidup diIndonesia tidak membuat beliau lebih dihargai dengan kemampuan yang beliau miliki, berbeda dengan Negara luar yang lebih menghargai beliau sehingga beliau lebih memutuskan untuk menetap di Negara luar. Seharusnya hal ini bisa dijadikan contoh juga untuk Negara kita dalam bertindak agar tidak kehilangan sosok yang jenius seperti BJ Habibie.
    Aktualisasi dari nilai-nilai pancasila sesungguhnya mudah untuk diwujudkan apabila pemerintahan yang memegang kekuasaan lebih bersih dan jujur sesuai nilai-nilai yang ada dipancasila sehingga maka dengan sendirinya masyarakat akan menyadari betapa pentinganya nilai-nilai yang telah dibuat dalam pancasila. Hal ini lebih penting daripada pembuatan ketetapan MPR, Pasal-pasal tentang larangan dan sebagainya karena pada dasarnya manusia hidup berdasarkan kbiasaan yang telah ada dan ajaran yang telah dibuat, apabila kebiasaan tersebut dari awal sudah buruk maka seterusnya akan buruk apabila tidak dilakukan perbaikan.

  31. richardokiki mengatakan:

    Nama : M. Rezky Oktaviansyah
    Kelas : 2IC07
    Judul Video :Hilangnya nilai-nilai dasar pancasila
    Komentar :
    Bangsa Indonesia memilik potensi yang tinggi akan kemakmuran di negara Indonesia, mereka memecah belah rasa persatuan, kebebasan yang diluar batas, kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia pun dimanfaatkan oleh negara lain. Hal ini menjadikan bangsa Indonesia tidak mengamalkan nilai-nilai pancasila sehingga jika dibiarkan terus-menerus akan kehilangan nilai-nilai dasar Pancasila.
    Pancasila merupakan pedoman hidup Bangsa Indonesia dan harus di terapkan dalam kehidupan sehari-hari serta diamalkan sejak dini. Aktualisasi Pancasila berperan penting di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai sifat, falsafah, dan dimensi bangsa harus menjadi kenyataan, agar Bangsa Indonesia tetap ada, hidup, dan abadi sampai akhirul zaman.
    Indonesia merupakan negri yang disebut oleh negara-negara luar sebagai dunia yang tentram, negara-negara tersebut pun memanfaatkan hubungan kerjasama sebagai keuntungan buat mereka. Fakta ini tidak akan terjadi jika seseorang mengamalkan nilai-nilai dasar Pancasila, karena pancasila merupakan dasar negara sebagai fondasi suatu bangsa. Pancasila merupakan pedoman hidup bagi seluruh penduduk Indonesia dan harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari . banyaknya dari masyarakat memilih menjadi pengemis, karena tidak memerlukan modal yang besar, hanya baju compang camping serta tubuh yang dibalut dengan perban yang menjadi penunjang profesi mereka. pemerintah seharusnya menyadari serta memberikan solusi untuk mereka, kemudian seharusnya pemerintah harus bertindak tegas dengan pejabat yang korupsi. setidaknya penjara seumur hidup dan hukuman mati. agar pemimpin bangsa tidak bertindak seenaknya terhadap uang rakyat.hal ini menandakan ketidak adilan terhadap orang yang mempunyai kekuasaan dengan rakyat yang miskin yang terpaksa mencuri dengan alasan demi kelangsungan hidup. pemerintah harus mempunyai kebijakan dalam permasalahan tersebut. dengan cara membuat peraturan dan tindakan hukum yang lebih tegas agar yang melanggar tidak berbuat sewenang-wenang dan mendapatkan hukuman yang setimpal dengan perbuatanya.

  32. deka maulana mengatakan:

    Nama :Deka Maulana
    Kelas :2IC07
    Judul Video :Hilangnya dasar pancasila
    Komentar :setelah saya melihat video ini saya teringat oleh perjuangan para pejuang yang membela sampai bertumpah darah melawan penjajah memperebutkan kemerdekaan indonesia. lebih baik bangsa indonesia jaman dahulu jaman yg masih menerapkan nilai-nilai pancasila rakya makmur,tidak adanya tawuran antar pelajar atau kelompok dan keadilan bagi rakyat indonesia tidak memihak satu dengan yg lain mentang-mentang pejabat punya jabatan dia korupsi tidak dihukum tetapi orang yang maling sendal dan sebagainya dihukum sampai bertahun-tahun apa itu yang namanya keadilan bagi seluruh rakyat indonesia. tetapi sekarang dikit demi sedikit indonesia tidak menerapkan nilai-nilai tersebut karena banyaknya rakyat yang miskin dan banyak juga korupsi dimana mana kalo indonesia mau maju terapkan kembali nilai-nilai pancasila itu sendiri buat apa pancasila dibuat kalo tidak diterapkan didalam bangsa itu sendiri jadi intinya kalo mau indonesia maju saya berharap untuk pemimpin yang akan datang tolong tegas dalam mengambil suatu keputusan dan tidak merugikan rakyat itu sendiri dan pancasila bukan untuk dihafal saja tapi diterapkan buat apa setiap upacara selalu dibacakan pancasila tapi tidak diterapkan percuma saja lebih baik tidak ada saja pancasila itu sendiri.

  33. Hafidz Hamidy mengatakan:

    Nama : Hafidz Hamidy
    Kelas : 2IC07
    Judul Video : Hilangnya Nilai-Nilai Dasar Pancasila
    Komentar :

    Dari video diatas,dapat disimpulkan bahwa pada era reformasi sekarang ini bangsa kita tengah mangalami kemunduran moral yang diakibatkan oleh hilangnya nilai-nilai pancasila dari kehidupan bangsa kita.Banyak sekali nilai-nilai pancasila yang diputar balikan.Sebagai contoh banyaknya koruptor di negeri kita ini di karenakan pada sila ke-1 yang seharusnya berbunyi “Ketuhanan yang Maha Esa”,di tangan koruptor sila ini menjadi “Keuangan yang Maha Esa”.Kenapa menjadi “Keuangan yang Maha Esa?” karena pola fikir seorang koruptor itu adalah bagaimana Uang menjadi bagian dari Prinsip dan Tujuan mereka dalam melakukan suatu pekerjaan atau amalan.Ini menjadi sebuah Ironi tersendiri bagi bangsa kita,bagaimana tidak?Pancasila yang berfungsi sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia sampai di putar balikan seperti itu.Terlebih lagi itu adalah sila ke-1 tentang Ketuhanan yang Maha Esa,sebuah kepercayaan bagi manusia yg dianggap sakral.Yang jadi pertanyaan apa mereka tidak takut di awasi oleh Tuhan yang Maha melihat?Itu merupakan salah satu dari sekian banyak contoh nyata dari hilangnya nilai-nilai pancasila di Indonesia pada sila ke-1.Lalu apakah setelah sila ke-1 sila ke-2 dan seterusnya akan mengalami kehilangan nilai luhur yang sama?jawabannya iya.Kita ambil contoh sekarang banyak sekali pemimpin yg salah menggunakan jabatannya,semena-mena terhadap rakyat,dan tidak amanah dalam melaksanakan Tugas.Jika sila ke-2 adalah “Kemanusiaan yang adil dan beradab”,maka ditangan para pemimpin yang bejat nilai pancasila akan berubah menjadi “Kemanusiaan yg zhalim dan biadab”.Itu semua terjadi karena bangsa ini sudah tidak mengamalkan kembali nilai-nilai luhur yg ada di dalam Pancasila.Oleh sebab itu,kita sebagai Penerus bangsa harus menanamkan nilai-nilai pancasila di dalam hati kita,dan di amalkan di dalam perbuatan kita sehari-hari agar kesatuan NKRI tetap terjaga sekarang hingga selamanya.

  34. Nama : Heri Maulana
    NPM : 23412422
    Kelas : 2IC07
    Judul vidio : Hilangnya nilai – nilai dasar pancasila
    Komentar :
    Komentar dan Pandangan saya dari cuplikan vidio Hilangnya nilai-nilai dasar pancasila mungkin terjadi karena dari pemimpinnya sendiri. Jika pemimpinnya saja tidak benar bagaimana masyarakatnya ?. Intinya kita harus berpegang teguh pada nilai-nilai dasar pancasila, jangan hanya di hafal kan setiap hari tapi tidak mengerti apa itu arti dan makna nilai-nilai pancasila itu sendiri. Dan kita harus melihat dari diri masing-masing dan melihat kesadaran diri sendiri. Jangan pernah menuntut ini itu yang enggak jelas permintaannya dan hanya memanfaatkan fasilitas yang di berikan oleh negara, karena di situlah moral nilai-nilai dasar pancasila kita terlihat, yang hanya dapat membuat masyarakat menjadi malas, dan merugikan negara. Memang apa yang sudah anda lakukan mereka berani menuntut meminta fasilitas yang di berikan negara (sumbangan dana) ?. Cobalah lakukan hal yang positif, dan tutupi semua tuntutan itu dari diri kita sendiri, karena hasil dari kreasi otak dan jerih payah keringat lebih mulia, dari pada tuntutan dan pemberian cuma-cuma fasilitas negara (sumbangan dana dari pemerintah).
    Cobalah jangan hanya bisa Jangan menjadi pemalas, jangan menjadi pembohong, dan jangan menjadi pencuri, seperti contohnya pengemis dan koruptor. Cobalah kita menjadi masyarakat Indonesia yang cerdas, tidak menyia-nyiakan hal yang seharusnya bisa kita nikmati hasilnya, dan tidak pernah merasa puas dengan hasil sebagus mungkin, karena itu adalah pemacu kita untuk terus berkembang dan berkreasi untuk terus maju.
    Berikanlah hukuman seberat-beratnya kepada koruptor dan berantas seluruh pengemis di tanah emas ini, karena mereka adalah
    karat dan benalu yang hanya bisa membuat malu di negeri ini. buat negara ini menjadi negara yang bebas korupsi dan bebas dari kemiskinan dengan cara berfikir positif dan kreatif karena kita adalah penerus bangsa ini, dan kita buat seluruh pengemis dan koruptor malu dengan harta yang mereka miliki sekarang.
    Negara kita sekarang itu ibaratkan “sapi yang hanya bisa terdiam ketika di perah susunya karena sudah di beri rumput”. jadi kedepannya kita harus hilangkan lah rasa puas (hanya sebatas rumput), karena dimana kita puas disitu titik kita berhenti. terus terapkan nilai-nilai dasar pancasila untuk kebangkitan moral dan kemajuan bangsa indonesia.

  35. Riko Anwar Saputra mengatakan:

    Nama : Riko Anwar Saputra
    Kelas : 2DB08
    Judul Video : Aktualisasi nilai-nilai pancasila

    assalmualikum..
    Seharusnya sejak kecil kita harus belajar PANCASILA. Kenapa??
    karena di sanalah kita dapat mengetahui dan belajar dari perjuangan,kepastian,pandangan,dan panutan dari negara INDONESIA agar WNI tidak hanya tau nama PANCASILA itu sendiri tapi tau isi.arti,dan makna dari PANCASILA.
    Semua orang yang sudah mengetahui PANCASILA tapi tidak sekedar nama saja pasti mereka akan menghargai INDONESIA betapa sulitnya para pejuang kita membentuk suatu pandangan,ideologi.dasar negara dari INDONESIA.Tapi jika WNI itu sendiri tidak mengetahua arti dari niali-niali PANCASILA apalah guna PANCASILA itu sendiri? hanya sebagai nama? atau sebagai perantara saja? ya ampun betapa sakitnya para pejuang kita yg telah gugur memperjuangkan kemerdekaan INDONESIA? sebagai kita ketahui bangunan yg dlu kita buat dengan susah payah setiap pondasinya di buat dengan keringat,urat nadi, kita tidak di manfaatkan dengan baik bahkan hanya sebagai tempat maksiat,bagaimana rasanya? pedih,pilu,sakit kan? tentu itu tidak sebanding dengan para pahlawan kita yg telah memperjuangkan negara INDONESIA ini.
    Hai para WNI inilah kata-kata,pandangan,ideologi bangsa kita yang telah di susun oleh para pejuang kita mari kita baca dan pahami arti dari PANDANGAN IDEOLOGI BANGSA INDONESIA

    PANCASILA
    1. KETUHAN YANG MAHA ESA.
    2. KEMANUSIAN YANG ADIL DAN BERADAB.
    3. PERSATUAN INDONESIA.
    4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN
    5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.

    Arti dan makna setiap sila:

    1.Arti dan Makna Sila Ketuhanan yang Maha Esa
    Mengandung arti pengakuan adanya kuasa prima (sebab pertama) yaitu Tuhan yang Maha Esa
    Menjamin penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya.
    Tidak memaksa warga negara untuk beragama.
    Menjamin berkembang dan tumbuh suburnya kehidupan beragama.
    Bertoleransi dalam beragama, dalam hal ini toleransi ditekankan dalam beribadah menurut agamanya masing-masing.
    Negara memberi fasilitator bagi tumbuh kembangnya agama dan iman warga negara dan mediator ketika terjadi konflik agama.

    2.. Arti dan Makna Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
    Menempatkan manusia sesuai dengan hakikatnya sebagai makhluk Tuhan
    Menjunjung tinggi kemerdekaan sebagai hak segala bangsa.
    Mewujudkan keadilan dan peradaban yang tidak lemah.

    3. Arti dan Makna Sila Persatuan Indonesia
    Nasionalisme.
    Cinta bangsa dan tanah air.
    Menggalang persatuan dan kesatuan Indonesia.
    Menghilangkan penonjolan kekuatan atau kekuasaan, keturunan dan perbedaan warna kulit.

    4. Arti dan Makna Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
    Hakikat sila ini adalah demokrasi.
    Permusyawaratan, artinya mengusahakan putusan bersama secara bulat, baru sesudah itu diadakan tindakan bersama.
    Dalam melaksanakan keputusan diperlukan kejujuran bersama.

    5. Arti dan Makna Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
    Kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat dalam arti dinamis dan meningkat.
    Seluruh kekayaan alam dan sebagainya dipergunakan bagi kebahagiaan bersama menurut potensi masing-masing.
    Melindungi yang lemah agar kelompok warga masyarakat dapat bekerja sesuai dengan bidangnya.

    semoga ini dapat bermanfaat terima kasih.

  36. roniraffa mengatakan:

    Nama : RONI AKBAR
    Kelas : 2DB08
    Judul Video : VIDEO 1 ( Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila)
    Komentar :
    Menurut saya berdasarkan video dialog 4 pilar bangsa mengenai lunturnya nilai-nilai Pancasila yang telah saya lihat, hal ini menjadi suatu permasalahan yang serius bagi bangsa Indonesia. Dimana demokrasi Pancasila itu merupakan system pemerintahan dari rakyat dalam arti rakyat adalah awal mula kekuasaan Negara sehingga rakyat harus ikut serta dalam pemerintahan untuk mewujudkan suatu cita-cita. Organisasi sosial politik adalah wadah pemimpin-pemimpin bangsa dalam bidangnya masing-masing sesuai dengan keahliannya, peran dan tanggung jawabnya. Sehingga segala unsur-unsur dalam organisasi sosial politik seperti para pegawai Republik Indonesia harus mengikuti pedoman pengamalan Pancasial agar berkepribadian Pancasila karena mereka selain warga negara Indonesia, juga sebagai abdi masyarakat, dengan begitu maka segala kendala akan mudah dihadapi dan tujuan serta cita-cita hidup bangsa Indonesia akan terwujud.
    Oleh karena itu, Pancasila perlu dijabarkan secara rasional dan kritis agar membuka iklim hidup yang bebas dan rasional pula. Konsekuensinya, bahwa Pancasila harus bersifat terbuka. Artinya, peka terhadap perubahan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan tidak menutup diri terhadap nilai dan pemikiran dari luar yang memang diakui menunjukkan arti dan makna yang positif bagi pembinaan budaya bangsa, sehingga dengan demikian menganggap proses akulturasi sebagai gejala wajar. Dengan begitu ideologi Pancasila akan menunjukkan sifatnya yang dinamik, yaitu memiliki kesediaan untuk mengadakan pembaharuan yang berguna bagi perkembangan pribadi manusia dan masyarakat. Untuk menghadapi tantangan masa depan perlu didorong pengembangan nilai-nilai Pancasila secara kreatif dan dinamik. Kreativitas dalam konteks ini dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menyeleksi nilai-nilai baru dan mencari alternatif bagi pemecahan masalah-masalah politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pertahanan keamanan. Ideologi Pancasila tidak mempriori menolak bahan-bahan baru dan kebudayaan asing, melainkan mampu menyerap nilai-nilai yang dipertimbangkan dapat memperkaya dan memperkembangkan kebudayaan sendiri, serta mempertinggi derajat kemanusiaan bangsa Indonesia.

  37. Nama : Rizka Amelia Abidin
    Kelas : 2EA27
    Judul Video : Video 1 ( Aktualisasi nilai – nilai pancasila )
    Komentar :
    Sebagai generasi muda sangat diperlukannya pemerhatian terhadap pentingnya nilai – nilai pancasila, seperti yang dijelaskan tadi bahwa pemerintah mempunyai peranan penting dalam mensosialisasikan nilai – nilai yang ada dalam pancasila tersebut, saya setuju dengan diadakannya penerapan – penerapan nilai – nilai pancasila melalui prasarana yang mereka kajikan karna memang berdampak positif bagi masyarakat tapi dalam kemyataannya apa yang mereka sampaikan belum sepenuhnya terlaksana, contohnya mencoba memasukan nilai – nilai pancasila dalam berbagai mata pelajaran mungkin dalam mata pelajaran sudah mereka sampaikan tapi bagaimana dengan orang yang menyampaikan atau yang disampaikan apakah sudah tentu akan menerapkan dalam kehidupan sehari – hari, itu sudah tentu tugas dari pemerintah bagaimana para generasi muda bisa memahami sepenuhnya dan melaksanakannya sesuai yang sudah pancasila tetapkan.
    Pemerintah tidak boleh menyalahkan masyarakat yang sepenuhnya belum mengerti akan nilai – nilai tersebut apabila pemerintahannya saja masih belum bisa mencontohkan hal yang baik yang pancasila tuangkan bagi masyarakatnya. Maka pemerintah harus berbenah dahulu dan menjadi contoh bagi rakyatnya, apabila pemerintah tidak mampu maka saya jamin untuk beberapa tahun yang akan datang pancasila yang sekarang sebagai dasar negara akan hilang dan tenggelam dalam bertambahnya suatu zaman.
    Sebenarnya masyarakat tidak sadar akan hilangnya salah satu nilai yang terkandung dalam pancasila contohnya saja pengambilan keputusan yang sekarang lebih cenderung dengan menggunakan voting yang memaksa para rakyat untuk memilih tanpa adanya permusyawarahan yang kini menyimpang dari sila yang ke-4, secara tidak sadar bahwa pemerintah mengajarkan kita untuk mengambil keputusan yang semata – mata lebih mudah dan simple untuk pemerintah walaupun dalam kenyataannya itu semua sah- sah saja karna negara kita memang negara demokrasi tapi itu semua tidak adil dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena tentunya mempunyai sisi yang negatif yang mana pemerintah harus mempertanggung jawabkannya.
    Wakil – wakil rakyat yang ditunjuk langsung oleh rakyat harus mampu menghidupkan nilai – nilai pancasila memantau setiap dari kegiatan pemerintah, dan presiden mempunya peran yang sangat penting sebagai panutan bangsa dan mempunya tanggung jawab yang sepenuhnya dalam mensosialisasikan 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara walaupun awalnya membutuhkan dana yang lebih besar bagi perkembangan ekonominya dan sebenarnya yang paling penting adalah membangun sebuah negara yang sesuai dan diharapkan dari nilai pancasila itu sendiri dimulai dari jiwa kita akan tumbuhnya kesadaran diri masing – masing bahwa sebenarnya suatu negara akan terasa lebih hidup apabila kita sebagai bangsa yang demokrasi mampu menjalankan dan menjaga nilai – nilai leluhur yang tertuang dalam nilai – nilai pancasila .

  38. heny anisa rahayu mengatakan:

    Nama  : Heny Anisa Rahayu Kelas  : 3ID05 Video  : video 1 aktualisasi nilai-nilai pancasila Komentar :   Menurut saya video pertama mengenai aktualisasi nilai-nilai pancasila  saat ini,  pancasila yang merupakan dasra Negara Indonesia yang telah disepakati sebelumnya oleh para pahlawan kini terasa memiliki arti lain dari sebenarnya, mungkin terdapat penambahan, pengurangan ataupun penyimpangan terhadap nilai-nilai dari pancasila itu sendiri. Alasan yang membuat nilai-nilai  pancasila sekarang dan dahulu berbeda mungkin masyarakat zaman dahulu masih sangat kental dengan ideology bangsa ini karena nilai-nilai pancasila yang selalu diterapkan dalam sekolah, sedangkan sekarang nilai-nilai pancasila mulai dilupakan dari dunia pendidikan kita saat ini. Hal inilah yang menurut saya membuat anak-anak muda zaman sekarang mudah tersulut pertikaian antar pelajar lainnya hanya karna alasan sepele. Kenyataan ini sangat menyedihkan dunia pendidikan indonesi, apalagi banyak pelajar yang tidak mengingat sila-sila dalam pancasila. Sederhana namun bermakna untuk Negara ini, namun hal tersebut tidak disadari oleh para penerus bangsa. Mungkin hal tersebut dikarenakan upacara yang biasanya selalu dilakukan setiap hari senin disetiap sekolah menjadi jarang dilakukan yang membuat  generasi muda kita sangat kurang mengapresiasikan nilai-nilai dari pancasila itu sendiri. Contoh dari sila-sila dalam pancasila pada sila pertama ketuhanan yang maha esa, zaman sekarang banyak sekali pertikaian yang mengatas namakan agama, sebenarnya Negara Indonesia adalah Negara kesatuan yang memiliki banyak kultur, agama, suku, dan ras. Hanya saja masyarakat Indonesia terkadang menyalah artikan ajaran agama yang ada sehingga banyak pertikian atas nama agama, padahal seharusnya menurut saya kita semua harus saling menghargai agama yang dianut dari tiap orang.  Jadi menurut saya pancasila harus dimasukkan

  39. harry sepriyadi mengatakan:

    nama :harry sepriyadi
    kelas :2ic07
    judul video : hilanganya nilai-nilai pancasila

    Bangsa Indonesia adalah pewaris negara, tentu saja beserta dasar negara yang telah digali secara cerdas oleh para the founding fathers. Sebagai pewaris harus sensitif dan cerdas terhadap setiap segala bentuk upaya pengubahan. Jangan menutup mata, telinga dan hati nurani terhadap bukti-bukti sejarah, hukum maupun budaya yang telah secara implisit maupun eksplisit meletakkan Pancasila sebagai dasar negera Republik Indonesia. Salah satu contoh, dokumen dari Dialog Budaya dalam rangka Penyusunan Cetak Biru Pembangunan Nasional Kebudayaan atas prakarsa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dialog budaya tersebut dilaksanakan di Medan, 31 Januari 2012. Berikut salah satu lembar Kerangka Berpikir yang menunjukkan dokumen bahwa Pancasila adalah dasar negara, bukan pilar

    Dengan demikian dasar dari nilai-nilai Pancasila tersebut, merupakan kecerdasan atau kebijaksanaan setempat yang dapat diketahui atau ditemukan di balik aktivitas manusia. Misal, sikap membungkukkan badan jika hendak menghormati orang lain, posisi tangan saat mempersilahkan orang lain, cara duduk, dan lain-lain – semua mencerminkan kebijakan atas kecerdikan lokal. Setiap suku memiliki aktivitas atau simbol-simbol atau lambang-lambang yang memiliki makna. Hal itu dapat digali dari dongeng, cerita rakyat, pepatah, nyanyian daerah, semboyan, mitos-mitos yang ada.
    Satu contoh model pengairan, Subak di Bali yang telah dilaksanakan turun temurun dari generasi ke generasi, merupalan dasar dari Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan dan Kedadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Subak adalah kecerdasan dan kearifan lokal yang kini mendapat pengakuan dari The World Heritage. Kearifan lokal yang mengandung nilai-nilai dasar Pancasila terdapat di seluruh wilayah Nusantara. Tidak ada yang diambil dari bangsa atau wilayah lain. Meskipun berbeda-beda, namun nilainya tetap sama.
    Dari situlah nilai-nilai Pancaila menjadi dasar, setelah berdiri negara Republik Indonesia, atau setelah Indonesia ‘merdeka’. Oleh perumus, nilai-nilai dalam berkehidupan suku bangsa yang ada dalam masyarakat, diperas menjadi lima sila di dalam rumusan Pancasila. Sejak itulah Pancasila dijadikan dasar Negara Republik Indonesia. Dasar adalah merupakan fondasi atau landasan sebuah negara. Bahkan merupakan dasar filosofis yang tertinggi.

  40. gloriacharlotte mengatakan:

    Nama : Gloria Charlotte
    Kelas : 2EA27
    Judul Video : VIDEO 2 ( Hilangnya Nilai-Nilai Dasar Pancasila)

    Komentar :
    Dari cuplikan video yang sudah saya lihat, ada satu pokok kesimpulan yang dapat ditarik karena satu hal inilah yang paling banyak disinggung, yaitu SISTEM.
    Indonesia sudah memilki sistem pemerintahan yang baik, namun sulit untuk dilakukan pada masa saat ini. Amien Rais pun mengatakan bahwa hal ini harus dimulai dari “atas” lalu nantinya yang “di bawah” akan mengikuti dengan sendirinya. Kalau para pemimpin negara saja tidak bisa merealisasikan sistem yang ada dengan baik, bagaimana dengan masyarakat negaranya?
    Indonesia sudah memiliki PANCASILA sebagai dasar dan sistem negara, kelima sila tersebut sudah disusun dengan baik pada masa pemerintahan Bung Karno dulu dan diharapkan dengan telah dibuatnya lima panca ini dapat membuat Indonesia semakin baik.
    Namun kenyataannya?
    Pancasila seolah hanya dibiarkan sebagai tulisan yang harus dibacakan pada saat upacara atau acara-acara kenegaraan saja tapi tidak dilakukan dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
    Semua sila dalam pancasila sudah dilanggar secara jelas dalam kehidupan saat ini, misalnya;
    sila pertama “Ketuhanan yang Maha Esa” tapi kenapa masih ada kontra yang dapat berujung pada pertengaran antar umat beragama di Indonesia? Sudah jelas, Indonesia memiliki rakyat yang beraneka ragam agama mulai dari Hindu, Budha, Islam, Katolik, Protestan, Konghucu. Pasti sudah jelas juga tidak ada istilah “mayoritas” disini, sekalipun jumlah agama “A” lebih banyak pemeluknya tapi tetap kembali pada PANCASILA bahwa seluruh rakyat Indonesia berhak untuk memeluk keyakinannya.
    Sila kedua “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Apakah sampai dengan saat ini seluruh masyarakat Indonesia sudah mendapatkan keadilan dalam segala aspek kehidupannya? Jelas belum! Coba lihat, banyak masyarakat yang di pedalaman yang tetap terus bekerja keras untuk mencari nafkah, padahal upah yang didapatkan tidak sebanding dengan jerih kerja kerasnya. Kejadian seperti ini banyak terjadi, tapi orang sedikit bekerja terus meminta hak-nya terus diperhatikan padahal kerja kerasnya tidak begitu besar dibandingkan dengan masyarakat pedalaman tadi. Apakah itu sudah bisa dinamakan “Adil dan Beradab”??
    Sila ketiga “Persatuan Indonesia”, apakah masyakatnyanya sudah bersatu dalam Indonesia? Sudah? Tapi kenapa masih ada demo anarkis dari masyarakat, perpecahan antar umat beragama, pertengkaran antar warga negara? Kalau sudah begini jelas, jawabannya adalah BELUM! Jika warga negara Indonesia sudah bisa bersatu-padu dalam satu sistem, hal-hal seperti tadi tidak akan terhadi karena kita memiliki visi dan misi yang sama untuk negara kita sendiri.
    Sila keempat “Kerakyatan yang dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan”.
    Saya rasa pemimpin kiita saat ini belum bisa sepenuhnya memimpin rakyatnya dengan hikmat, kebijaksanaan, dalam permusayawaratan perwakilan.
    Pemerintah kita cenderung mengikuti keinginan mereka sendiri, seperti mereka berpikir bahwa Indonesia dapat mereka bawa kearah yang lebih baik tanpa suara rakyat. Pada saat proses menjelang pemilu para calon pemimpin ini mengumbar seribu janji manis kepada masyarakat Indonesia karena dengan begitu kemungkinan ia akan terpilih menjadi presiden akan besar. Tapi kenyataannya adalah NOL BESAR!
    Sebuah negara tidak akan bisa maju tanpa rakyatnya, kalau saja pemimpin itu mau melakukan musyawarah dengan rakyat tentu Indonesia dapat maju lebih cepat dari rencana pemerintah yaitu tahun 2040.
    Sila kelima “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.
    Rakyat Indonesia berhak untuk mendapatkan kenyamanan sebagai warga negara Indonesia. Pengertian “HAK” disini bukan berarti memanjakan warga negara Indonesia, tapi negara wajib memastikan kelayakan hidup warga negaranya.
    Misalnya hak untuik hidup sehat dan hak untuk mendapatkan pendidikan. Di Perancis, warga negaranya bisa mengambil pendidikan sampai tingkat SMA dan seluruh biaya ditanggung oleh pemerintah. Kedua hak ini saja belum bisa dilakukan oleh pemerintahan Indonesia sekarang ini.
    Pertanyaan besarnya adalah jika dipikir-pikir kembali, kenapa sistem pemerintahan zaman 45 dulu lebih baik jika dibandingkan dengan tahun sekarang?
    Kenapa hal-hal ini bisa terjadi?
    Sudah jelas karena hilangnya nilai-nilai Pancasila dalam diri warga negara Indonesia. Pancasila dibuat bukan hanya untuk dijadikan sebuah dasar negara atau sistem, tapi juga untuk dilakukan dalam kehidupan kita.
    Sistem kita baik, tapi pelaksanaannya yang belum beik.
    Segala macam jenis kejahatan dalam Indonesia itu terjadi karena hilangnya nilai Pancasila.
    Korupsi, aksi anarkis, kekerasan antar suku/agama/ras, tindak kejahatan, bisa terjadi karena kita tidak mengenal siapa dan apa Pancasila itu.

  41. eric rahmana mengatakan:

    Nama : Eric rahmana
    Kelas : 2ea27
    Judul video : Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila
    Komentar :
    Menurut saya kondisi masyarakat saat ini dalam memahami, menghayati dan mengamalkan Ideologi Pancasila sangat mempengaruhi terhadap persatuan dan kesatuan bangsa, bahkan integritas NKRI di masa yang akan datang, karena penyelenggaraan suatu bangsa sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Bagi masyarakat dan negara Republik Indonesia, Pancasila adalah kenyataan yang tidak dapat diganggu gugat. Maksudnya adalah bahwa Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara yang makin hari makin perlu dipahami, dihayati dan diamalkan. Namun, kedudukan formal Pancasila yang sangat kuat tidak selalu sejajar dengan pengamalan Pancasila dalam kehidupan sosial sehari-hari. Pada kenyataannya nilai-nilai Pancasila yang terkandung di dalamnya sering diabaikan bahkan belum ditaati sebagaimana mestinya. Hal ini disebabkan adanya berbagai faktor. Salah satu diantaranya adalah kurangnya pengertian dan pemahaman mengenai Pancasila itu sendiri serta latar belakang proses pertumbuhan Pancasila sebagai falsafah negara. Oleh karena itu, diperlukan penanaman wawasan kebangsaan di setiap warga negara Indonesia kepada seleuruh masyarakat Indonesia. Hal ini perlu disadari, bahwa dalam pengamalan serta penghayatan terhadap nilai-nilai Pancasila di dalamnya terdapat rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan (nasionalisme) yang kenyataannya pada akhir-akhir ini cenderung menurun, sehingga dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa. Cara pandang yang berwawasan nusantara pada masa-masa ini bisa dikatakan sudah luntur dan hampir berada pada titik terendah pada diri sikap anak bangsa ini. Kita bisa dengan mudah menyaksikan berbagai komponen bangsa terlibat dalam konflik dan terpecah-belah. Banyak di antara mereka yang terjebak dalam sekat-sekat (primordialisme) dan terpecah dalam golongan suku, ras, agama, daerah dan kepentingan yang sempit Mencermati perilaku seperti itu, dapat dipastikan bahwa ikatan nilai-nilai kebangsaan yang merupakan dari rasa cinta tanah air, bela negara dan semangat patriotisme bangsa mulai luntur dan longgar, bahkan hampir sirna. Bahkan akhirakhir ini telah berkembang pula sebuah kesadaran etnis yang sempit berupa tuntutan pemisahan wilayah dari beberapa daerah, Berdasarkan kondisi ini, maka dapat dikatakan bahwa adanya penghayatan nilai rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan menurun dan terabaikan. Terimakasih

  42. Bagus Yogo Hutomo mengatakan:

    Nama : Bagus Yogo Hutomo
    Kelas : 2DB08
    Judul Video : Video 2 (” Hilangnya Nilai-Nilai Dasar Pancasila”)
    Komentar :
    dengan mudahnya mendapatkan uang dari pengusaha dengan menadahkan tangannya, di indonesia semakin banyak pengemis bahkan sebagai mata pencarian, para koruptor semakin merajalela ditangkap satu eh malah tumbuh seribu, mereka hanya mementingan kepentingannya sendiri dan keperluannya tetapi perbuatan pengemis dan koruptor tidak baik, pemerintah pun juga tidak mau tahu tentang hal ini, seharusnya pemerintah harus bertindak tegas dengan pejabat yang korupsi. setidaknya penjara seumur hidup dan hukuman mati. agar pemimpin bangsa tidak bertindak seenaknya terhadap uang rakyat. banyak sekali dijumpai tersangka korupsi masih bisa kemana-mana karena proses yang lambat dari hukum. sedangkan rakyat biasa yang mencuri seekor ayam dihakimi masa sampai babak belur kemudian dipenjara. hal ini menandakan ketidak adilan terhadap orang yang mempunyai kekuasaan dengan rakyat yang miskin yang terpaksa mencuri dengan alasan demi kelangsungan hidup. pemerintah harus mempunyai kebijakan dalam permasalahan tersebut. dengan cara membuat peraturan baru bahwa pemimpin bangsa atau siapun yang sudah terbukti korupsi harus menerima hukuman seumur hidup atau hukuman mati dengan catatan harta pemimpin korup tersebut sebagai pengganti dari uang rakyat yang diambil.

  43. deffi andriani mengatakan:

    Nama : Defi Andriyani
    Kelas : 2EA27
    NPM : 11212800
    Judul : Hilangnya nilai-nilai dasar pancasila
    komentar :
    Setelah saya melihat vidio tsb analisa saya tentang vidio itu miris ketika memang benar kenyataan yang ada tidak diterapkan nya pancasila sebagai dasar negara itu sendiri . Hingga banyak sekali orang orang yang seharusnya jadi panutan malah menjadi bumerang untuk negara kita sendiri . pancasila yang seharusnya dihayati sungguh-sungguh dan diterapkan kepada kita itu sudah disalah gunakan . reformasi yang tidak berjalan dengan baik pun semakin meburuk karna ulah ulah para wakil rakyat yang slau menyalah gunakan dengan posisi kedudkan meraka dimanfaatkan untuk berkorupsi . nilai pancasia yang hilang ini sudah terlihat nyata pada negara ini . makin banyak nya rakyat yang minta belas kasihan atau mengemis karena ulah ulah para korusi yang seharusnya bisa mensejahterakan rakyat nya tapi malah disalah gunakan .
    Rasa kemanusiaan yang sudah tidak tumbuh dalam diri para wakil rakyat yang menyebabkan hal hal kepentigan rakyat menjadi kepentingan sendiri itu terpapar nyata dalam realita kehidupan ini . bangsa yang sungguh amat menyedihkan karena rakyat yang sudah semakin sengsara karna ulah para koruptor , karena tidak adanya nilai pancasila yang di terapkan pada diri para wakil rakyat . janji jani yang slalu diumbar saat pesta demokrasi pun musnah setelah mereka semua mendudukin bangku-bangku wakil rakyat. Perbedaan pendapat antar pantai pun merupakan bukti nyata bahwa orang yg seharusnya duduk bermusyawarah memikirkan rakyat nya malah jadi perang adu mulut saat sidang-sidang anggota DPR itu sudah bukti nyata bahwa nilai nilai pancasila sudah hilang dalam negeri ini . pancasila yang seharusnya menjadi dasar negara pedoman untuk kita semua itu sudah tidak ada lagi karena semua itu disalah gunakan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab . keegoisan semata yang terus menjadi negara ini semakin tidak baik . serta kurang sadarnya kita terhadap pedoman negara kita yang tidak dihayati sungguh-sungguh sehingga nilai nilai pancasila pun menjadi terabaikan .
    semua itu harus dimulai dari diri sendiri dan berniat untuk menjadikan perubahan yang kecil menjadi besar tdiak ada nya kegoisan semata hanya untuk keuntungan diri sendiri jadi bukti nyata bahwa negara ini sungguh sudah tidak baik lagi .

  44. hosniaadiranata mengatakan:

    nama:Hosnia
    kelas:2ea27
    npm:13212493
    judul video:video 1 (aktualisasi nilai-nilai pancasila)
    komentar:
    menurut saya nilai-nilai pancasila harus ditanam kan dari dini sehingga nilai-nilai pancasila tidak akan mudah hilang karena akan melekat didalam diri kita kalau kita mau menanam kan nilai-nilai pancasila itu dari dini bukan hanya mengetahui saja tapi kita juga harus tau arti nilai-nilai pancasila tersebut.kalau bisa pemerintah juga harus menjadikan nilai-nilai pancasila sebagai pelajaran utama disekolah-sekolah dasar agar penerus generasi terus ingat nilai-nilai pancasila itu dan diterapkan di kehidupan sehari-hari agar masyarakat akan berjalan sesuai norma-norma yang ada.para generasi muda pun akan lebih cinta sama pancasila karena jaman sekarang banyak yang tidak mengetahui 4 pilar pancasila itu disebab kan kurangnya sosialisasi pancasila dikalangan generasi muda.generasi muda adalah penerus bangsa jika generasi mudanya tidak tau apa nilai-nilai pancasila maka akan hancur negara ini akan banyak norma-norma yang tidak sesuai.

    kalau bisa juga jangan la jadikan nilai-nilai pancasila dijadikan alat politik karena akan berdampak buruk bagi masyarakat dan akan berdampak baik bagi para penguasa yang hanya ingin mempentingkan diri sendiri dan hapus la ketetapan MPR no 2 tahun 1978 karena tidak sesuia dengan sosialisasi tentang nilai-nilai ideologi dan harus mengandung nilai-nilai kebenaran karena banyak yang menilai adanya permainan politik.
    maka mulai la dari sekarang pemerintah dan rakyat saling bekerja sama agar bangsa kita ini menjadi bangsa yang lebih baik dan maju berpedoman la di nilai-nilai pancasila.saya yakin kalau kita sudah menjunjung nilai-nilai pancasila negara kita akan sejahtera dan tidak akan ada lagi ketidak adilan dinegara ini karena semua akan diangap sama tidak ada lagi perbedaan,korupsi,kejahatan atau pun yang lainya.

  45. Rizka Amelia Abidin mengatakan:

    Nama : Rizka Amelia Abidin
    Kelas : 2EA27
    Judul Video : Video 1 ( Aktualisasi nilai – nilai pancasila )
    Komentar :
    Sebagai generasi muda sangat diperlukannya pemerhatian terhadap pentingnya nilai – nilai pancasila, seperti yang dijelaskan tadi bahwa pemerintah mempunyai peranan penting dalam mensosialisasikan nilai – nilai yang ada dalam pancasila tersebut, saya setuju dengan diadakannya penerapan – penerapan nilai – nilai pancasila melalui prasarana yang mereka kajikan karna memang berdampak positif bagi masyarakat tapi dalam kemyataannya apa yang mereka sampaikan belum sepenuhnya terlaksana, contohnya mencoba memasukan nilai – nilai pancasila dalam berbagai mata pelajaran mungkin dalam mata pelajaran sudah mereka sampaikan tapi bagaimana dengan orang yang menyampaikan atau yang disampaikan apakah sudah tentu akan menerapkan dalam kehidupan sehari – hari, itu sudah tentu tugas dari pemerintah bagaimana para generasi muda bisa memahami sepenuhnya dan melaksanakannya sesuai yang sudah pancasila tetapkan.
    Pemerintah tidak boleh menyalahkan masyarakat yang sepenuhnya belum mengerti akan nilai – nilai tersebut apabila pemerintahannya saja masih belum bisa mencontohkan hal yang baik yang pancasila tuangkan bagi masyarakatnya. Maka pemerintah harus berbenah dahulu dan menjadi contoh bagi rakyatnya, apabila pemerintah tidak mampu maka saya jamin untuk beberapa tahun yang akan datang pancasila yang sekarang sebagai dasar negara akan hilang dan tenggelam dalam bertambahnya suatu zaman.
    Sebenarnya masyarakat tidak sadar akan hilangnya salah satu nilai yang terkandung dalam pancasila contohnya saja pengambilan keputusan yang sekarang lebih cenderung dengan menggunakan voting yang memaksa para rakyat untuk memilih tanpa adanya permusyawarahan yang kini menyimpang dari sila yang ke-4, secara tidak sadar bahwa pemerintah mengajarkan kita untuk mengambil keputusan yang semata – mata lebih mudah dan simple untuk pemerintah walaupun dalam kenyataannya itu semua sah- sah saja karna negara kita memang negara demokrasi tapi itu semua tidak adil dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena tentunya mempunyai sisi yang negatif yang mana pemerintah harus mempertanggung jawabkannya.
    Wakil – wakil rakyat yang ditunjuk langsung oleh rakyat harus mampu menghidupkan nilai – nilai pancasila memantau setiap dari kegiatan pemerintah, dan presiden mempunya peran yang sangat penting sebagai panutan bangsa dan mempunya tanggung jawab yang sepenuhnya dalam mensosialisasikan 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara walaupun awalnya membutuhkan dana yang lebih besar bagi perkembangan ekonominya dan sebenarnya yang paling penting adalah membangun sebuah negara yang sesuai dan diharapkan dari nilai pancasila itu sendiri dimulai dari jiwa kita akan tumbuhnya kesadaran diri masing – masing bahwa sebenarnya suatu negara akan terasa lebih hidup apabila kita sebagai bangsa yang demokrasi mampu menjalankan dan menjaga nilai – nilai leluhur yang tertuang dalam nilai – nilai pancasila .

  46. jeivina sigarlaki mengatakan:

    Nama : Jeivina sigarlaki
    Kelas : 2EA27
    Judul Video : Video 1 ( Aktualisasi nilai – nilai pancasila )
    dari video yang saya lihat di atas saya mengambil kesimpulan bahwa nilai pancasila kini sudah semakin memudar dapat kita lihat sekarang ini di sekolah-sekolah pancasila tidak di jadikan mata pelajaran pokok, padahal seharusnya sosialisasi tentang nilai” panca sila seharusnya dijadikan kewajiban, karena untuk menjadikan pedoman bagi bangsa dalam menjalani kehidupan, dapat kita lihat sekarang ini banyak sekali konflik di berbagai daerah, persoalannya banyak sekali ada masalah politik misalnya.
    Seperti yang tercermin dalam sila keempat, bahwa rakyat dalam menjalankan kekuasaannya memakai sistem perwalian, serta keputusan yang dibuat berdasarkan kepentingan rakyat keseluruhannya, yang diambilmelalui musyawarah dan mufakat, dan dijalankan dengan penuh rasa tanggungjawab, baik kepadatuhan Yang Mahaesa, maupun kepadarakyat yang diwakilinya. Dan didalam sila kelima, bahwa setiap orang Indonesia mendapat perlakuan yang adil dari segala bidang, seperti hukum, politik, sosial, ekonomi, dan kebudayaan, dan juga mengandung pengertian keadilan dan kemakmuran.
    Melihat fakta sekarang, sesuai dengan yang tercermindidalam sila keempat dan kelima, nilai yang terkandung didalamnya tidak bisa sepenuhnya terealisasikan dengan baik didalamwajah pemerintahan kitasekarang, sebagai contoh: anggota dewan sekarang ini, sebenarnya posisinya sebagai pembawa dan pengemban aspirasi rakyat tapi malah seperti sudah kehilangan arah, yang tersisa hanya keinginan untuk memenuhi kepentingan pribadi.
    Tidak hanya itu, banyak juga pejabat negara yang hanya mendambakan gelar dan status sosial. Banyak gelar tapi kosong kredibilitas intelektualnya. Gelarnya hanya dijadikan aksesoris gaya hidup yang layak di sembah-sembah. Sehingga membuat mereka lupa akan orang yang sudah membuatnya berada di posisi tersebut apalagi terhadap tugas sebenarnya. Yang lebih parahnya lagi, rakyat dijadikan sebagai sumber keuangan yang kapan saja bisa diambil dengan bebas, jalan-jalan keluar negeri dengan berkedok studi banding, dengan menghabiskan ratusan juta rupiah, tapi apa yang didapatkan, hanya kepuasan pribadinya saja.
    Memang untuk menjadi seorang pejabat negara itu tidaklah mudah, banyak jalan berliku yang harus dilalui dan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Posisi itu merupakan posisi terhormat yang menjadi incaran dan dambaan banyak orang, dengan iming-iming gaji tinggi, fasilitas lengkap, tunjangan tinggi. Hal itu tidak terlepas dari tanggungjawab besar yang tersemat.
    Tapi hal itu dianggap sebagai hal yang tidak perlu, bahkan tidak penting lagi. Hal inilah yang membuat para pemburu gelar itu saling bersaing untuk memperolehnya, bahkan dengan menghalalkan segala cara. Hal itu akan terus berlanjut, jika di dalam diri setiap para pemimpin tidak memiliki hati nurani dan moral keilmuan dalam menjalankan roda pemerintahan.
    Berkenaan dengan hal itu, Albert Enstein, pernah berkata bahwa dunia ini akan semakin berbahaya bukan karena kejahatan yang dilakukan oleh penjahatnya, tetapi akibat perbuatan kita yang membiarkan kejahatan terjadi di sekitar kita.

  47. alvian yana prasetia mengatakan:

    nama : alvian yana prasetia
    kls : 2db08
    npm : 38112120

    Komentar:

    menurut pendapat saya setelah saya menonton Video 4 Pilar Bangsa Lunturnya nilai-nilai Pancasila.
    Didalam video ini di era berkembanganya reformasi masyarakat sudah perlahan-lahan melupakan nilai-nilai dari pancasila,mulai dikalangan sekolah,hingga kalangan mahasiswa,sampai sampai orang yang sudah tua pun ikut-ikutan.
    pancasila sekarang tidak lagi menjadi topik pelajaran,sekarng pun dikalangan masyarakat sudah mulai kehilangan untuk nilai-nilai pancasila.

    oponi dicabutnya ketetapan MPR No.2/Th. 1978 dialesakan kaeran sosialis ini sebuah nilai ideologi dan sangat mengandung nilai kebenaran,dan dugaan tersebut pancasila dipergunakan sebagai alat politik,alat memenangkan kekuasan,dan alat kebenaran di politik.

    tidaklah sedikit konflik di Indonesia,ada juga konflik di vertical atau horizontal konfliknya.
    cotoh di politik ( kalahnya pemilihan sehingga keributan antar pendukung di masyarakat terjadi).sebenernya maslaah ini jangan terjadi,karena diIndonesia sangatlah berpegang teguh persatuan kesatuan.

    Hal-hal ini sangatlah harus penting dipertahankan dan ditumbuhkan sebagai masyarakat Indonesia adalah pertahankan musyawarah mufakat sebab itu merupakan ciri khas bangsa Indonesia, sehingga tidak ada lagi diktator mayoritas dan tirani minoritas semua bersumber dari semangat kekeluargaan. Semua juga harus memilki keteladanan terhadap nilai-nilai pancasila mulai dari petinggi negara Indonesia sampai pelajar sampai semua lapisan masyarakat yang harusnya mengaplikasikan nilai-nilai pancasila, pancasila dijadikn teladan untuk kehidupan sehari-hari bukan hanya dipahami.

  48. krismanta putra mengatakan:

    Nama : Krismanta Putra
    Kelas : 2EA27
    Judul Video :Hilangnya Nilai-Nilai Dasar Pancasila
    Komentar : Saya berpendapat Nilai adalah suatu yang berharga, berguna memperkaya batin dan menyadarkan manusia akan harkat dan martabatnya. Nilai bersumber pada budi yang berfungsi mendorong akan harkat dan mengarahkan (motivator) sikap danperilaku manusia, menurut MAX SCHLER Nilai dapat dikelompokan dalam 4 tingkatan yaitu nilai kenikmatan, nilai kehidupan, nilai kejiwaan, nilai kerohanian.Implementasi pancasila sebagai dasar negara saat ini menemui banyak kendala, dimulainya dari lemahnya pamahaman nilai-nilai yang terdapat dalam pancasila. Hal ini menjadi masalah utama yang dihadapi bangsa indonesia saat ini. Lahirnya perilaku separatisme, konflik bermotif sara, keebasan media massa, korupsi diberbagai tingkatan, melemahnya keteladanan para tokoh-tokoh masyarakat adalah bukti menurunnya pemahaman nilai-nilai pancasila, kendala yang dihadapi adalah bayaknya peratiran perundang -undang yang belum sepenuhnya mengacu pada nilai-nilai pancasila. Sejak era reformasi dan otonomi daerah, banyak sekali peraturan daerah yang menunjukan ego sektorial, saling tumpang tindih sehingga jauh dari kekerasan dan keharmonisan. Banyak peraturan daerah yang dibuat untuk bersaling meningkatkan pendapatan asli daerah. solusi bagi permasalahan yang dihadapi dalam implementasi nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara adalah langkah kongkritnya, pemerintah perlu memasukan kembali nilai-nilai pancasila sebagai materi bahan pengajaran pada sistem pendidikan nasional. kebijakan ini tetap relevan dan tidak akan mengurangi hakekat dari tujuan dasar pelaksanaan pandidikan nasional yang ingin menciptakan menusia beakhlak cerdas. negara memerlukan Filsafat kenegaraan bertolak dari suatu pandangan bahwa negara merupakan persekutuan hidup manusia atau organisasi kemasyarakatan yang juga merupakan masyarakat umum. Budaya barat yang masuk mulai dapat penjagaan ketat karena budaya barat tidak mementingkan rtika dan moral bagi bangsa negara indonesia, tercorengnya tau lunturnya secara perlahan sehingga budaya pelosok sudah terlupakan ,maka dari itu kaum remaja harus melestarikan adat dengan kesetaraan nilai nilai yang terkandung dalam pancasila. Nilai segala sesuatu akan berkembang sesuai dengan zamannya sendiri yang kuat dan menfondasi masyarakan dengan nilai-nilai pancasila.

  49. Nama : Hertika permata fitriani
    Kelas : 2ea27
    Judul Video : Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila

    Seiring dengan berkembangnya era reformasi pancasila saat ini seakan sudah memudar dan tanpa kits sadari masyarakat melupakan nilai-nilai dari pancasila.
    Bangsa Indonesia seharusnya lebih mendalami dan mempelajari nilai-nilai pancasila secara mendalam. Pendidikan pancasila sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, bermasyarakat dan bernegara. Dengan pendidikan pancasila kita dapat memperbaiki kehidupan terutama dalam sikap dan berprilaku sebagai makhluk sosial.
    Masyarakat Indonesia diharapkan dapat memilah-milih mana yang baik dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai yang baik dalam kehidupan bermasyarakat seharusnya dapat menjadi prinsip hidup seseorang yang dilakukan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai dari luar yang masuk dalam Negara kita harus disikapi dengan mimilah-milih mana yang cocok dan baik untuk bangsa indonesia.
    Pancasila adalah alat yang ampuh untuk menempatkan pemerintah dan rakyatnya pada posisi setara dan saling menghormati yang pada akhirnya Pancasila adalah dinamisator bangsa ini untuk mencapai tujuan dan cita-cita besar yang diinginkan bersama yaitu bangsa yang besar, kuat dan sejahtera berlandaskan kepada prinsip-prinsip yang terkandung dalam Lima Sila tersebut. Kontekstualisasi Pancasila selalu dibutuhkan oleh orang Indonesia yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan dunia. Realisasi harapan akan membuat Pancasila mampu memainkan peran: internal, berfungsi sebagai perekat persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia dan mengarahkan perjuangan bangsa menuju cita-citanya dan berkembang. Secara eksternal, berfungsi sebagai identitas bangsa sehingga orang Indonesia berbeda dengan orang asing.
    Kita harus bisa mewujudkan kembali nilai-nilai Negara kita masih banyak generasi muda dibawah kita yang perlu kita himbau kesadarannya agar kembalinya nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s