Contoh Proposal pembuatan Website


PROPOSAL PEMBUATAN WEBSITE PMI JAKARTA PUSAT

 
Pembuatan Website PMI Jakarta Pusat
Keadaan Umum
Palang Merah Indonesia (PMI) adalah perhimpunan Nasional di Indonesia yang didirikan berdasarkan Konvensi Jenewa 1949. PMI didirikan pada 17 September 1945 dan diakui sebagai satu-satunya Perhimpunan Nasional oleh Pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden RIS No. 25 Tahun 1950. PMI Jakarta Pusat berdiri tahun 11 September 1970, yang berinduk pada PMI Pusat.
Secara internasional, keberadaan PMI diakui oleh Komite Internasional Palang Merah (ICRC) pada 15 Juni 1950 dan diterima sebagai anggota ke-68 Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) pada 16 Oktober 1950.
Latar Belakang
        Palang Merah Indonesia Cabang Jakarta Pusat selama ini menggunakan sarana brosur, pamflet, dan majalah dalam memperkenalkan dan menginformasikan kegiatan yang telah dilakukan oleh mereka. Penggunaan sarana-sarana tersebut memerlukan biaya yang sangat besar untuk mencetaknya dan ruang lingkup kecil yang dihasilkan dengan menggunakan sarana-sarana tersebut.
       Untuk memperluas ruang lingkup penyebaran informasi kepada masyarakat dan lebih interaktif maka dibuatlah website PMI Jakarta Pusat ini, sehingga biaya pengeluaran untuk penyebaran informasi PMI Jakarta Pusat bisa ditekan lebih rendah.
Tujuan
      1. Untuk mempermuda PMI Jakarta Pusat dalam menyebarluaskan informasi mengenai kegiatannya dan informasi lainnya.
      2.  Mengurangi jumlah penggunaan kertas.
      3. Mengurangi biaya yang banyak terpakai.
      4.  Menjadi sarana komunikasi interaktif dengan masyarakat.  
Tahap Penentuan Konsep
Tujuan dibuatnya website ini adalah untuk mempermudah dan memperluas jangkauan penyebaran informasi yang akan dilakukan oleh PMI Jakarta Pusat, sehingga masyarakat lebih mengenal PMI Jakarta Pusat. Sasaran dari pembuatan website ini adalah seluruh masyarakat diberbagai negara khususnya Indonesia, karena website memiliki kelebihan bisa diakses diseluruh dunia menggunakan internet. Bentuk dari multimedianya adalah website interaktif yang

dapat menjadi penyampaian informasi dari PMI Jakarta Pusat kepada masyarakat dan juga sarana komunikasi 2 arah antara PMI Jakarta Pusat dan masyarakat. Untuk mengakses website ini hanya dibutuhkan adobe flash player untuk memutar video, browser dan koneksi internet.

Tahap Perencanaan
Setelah menganalisa masalah maka dibuatlah website ini dengan tampilan yang menarik dan mudah dimengerti.
Berikut ini merupakan story board website PMI Jakarta Pusat.
Story Board

Warna latar belakang     : Warna Putih
Animasi                                  : Tulisan ‘SELAMAT DATANG di Website PMI Jakarta Pusat, Logo PMI, tulisan jargon PMI “Bertindak Cepat. Tepat Sasaran. Selamatkan Jiwa Manusia”, tombol-tombol menu yang muncul. Gambar bendera Negara Inggris, Swiss, dan France.
Interaktivitas                    : Menu pada scene ini terdapat lima tombol menu yang dapat dipilih, yaitu : Home, Profile, Aktifitas, Video, Forum.
Keterangan                    : Dalam scene ini menampilkan tulisan selamat datang, logo PMI, jargon PMI, tombol-tombol menu dan bendera beberapa Negara yang berguna sebagai pengalih bahasa.
 Menu : Home
 
Warna Latar Belakang : warna putih
Animasi                       : Pada scene home ini akan muncul logo PMI, informasi-informasi dengan flash,       tombol-tombol menu, alamat dan contact person dan sambutan pembina PMI.
Interaktifitas            : Pada scene Home ini terdapat lima tombol menu yang dapat dipilih, tombol baca selengkapnya untuk melihat informasi lebih lengkap dan informasi-informasi bergerak dalam bentuk flash.
Keterangan                  : Scene home ini menampilkan animasi flash informasi-informasi aktifitas PMI, pengguna bisa memilihnya dengan bebas.
Menu : Profil
 
Warna Latar Belakang  : warna putih
Animasi                        : Pada scene profile ini akan muncul logo PMI, Visi dan Misi, Prinsip gerakan PMI, Renstra PMI, penghargaan-penghargaan, sejarah tombol-tombol menu.
Interaktifitas                  : Pada scene profile ini pengguna dapat melihat informasi lebih lengkap dengan cara mengklik informasi tersebut.
Keterangan             : Pada Renstra jika diklik, gambar akam membesar dan diputar 90o  kearah kanan sehingga bisa dibaca oleh pengguna.
Menu : Aktivitas
 
Warna Latar Belakang  : warna putih
Animasi                              : Pada scene aktivitas ini akan muncul logo PMI, berbagai aktivitas-aktivitras PMI dan tombol-tombol menu.
Interaktifitas                : Pada scene Aktivitas ini pengguna dapat melihat informasi lebih lengkap mengenai aktivitas PMI dengan cara mengklik informasi tersebut.
Keterangan                       : Pada ke-4 aktifitas tersebut dapat bergerak sendiri karena berbentuk slide bar.
Menu : Video
 
Warna Latar Belakang  : warna putih
Animasi                        : Pada scene Video ini akan muncul logo PMI, berbagai video dokumentasi PMI dan tombol-tombol menu.
Interaktifitas                 : Pada scene Aktivitas ini pengguna dapat melihat informasi lebih lengkap dengan cara mengklik video.
Keterangan                   : Seluruh video tersebut berisikan mengenai informasi dan aktivitas PMI dengan cara mengklik video tersebut.
Menu : Forum
 
Warna Latar Belakang  : warna putih
Animasi                        : Pada scene forum ini akan muncul logo PMI, berbagai pertanyaan, tombol buat pertanyaan dan tombol-tombol menu.
Interaktifitas                 : Pada scene forum ini pengguna dapat melihat berinteraksi dengan staff PMI dengan memberikan pertanyaan.
Keterangan                   : Pengguna dapat menanyakan tentang PMI dan melihat pertanyaan lainnya yang sudah ada dengan cara mengkliknya.
Struktur Navigasi
 
Tahap Pengumpulan Bahan
Pada tahap ini pengumpulan bahan seperti informasi, foto-foto kegiatan, Gambar, video dokumentasi yang diperlukan dalam pembuatan website PMI Jakarta Pusat.
Tahap Pembuatan
Tahap pembuatan merupakan tahap dimana seluruh objek multimedia dibuat berdasarkan storyboard dan struktur navigasi yang telah dibuat pada tahap perancangan. Dalam tahap ini, data yang telah diperoleh dan dimasukkan ke dalam website diberbagai tampilan secara berurutan.
Semua proses pembuatan website dilakukan dengan perangkat lunak Adobe Flash, Adobe PhotoShop, PhotoScape dan ukuran website ini menyesuaikan dengan ukuran resolusi layar yang digunakan.
Tahap Pengujian dan Testing
Tahap pengujian merupakan tahap evaluasi konfigurasi aplikasi produk setelah tahap implementasi pembuatan dianggap selesai. Tahap pengujian atau testing dilakukan setelah selasai tahap pembuatan dan seluruh data sudah dimasukkan. Sehingga pengguna dapat merasakan kemudahan ketika mengakses website PMI Jakarta Pusat ini
Tujuan dilaksanakannya pengujian adalah sebagai berikut :
      1. Untuk mengetahui apakah keluaran yang dihasilkan sesuai dengan rancangan sebelumnya.
      2. Untuk mengetahui apakah terjadi kesalahan dalam tampilan
      3. Untuk mengetahui apakah link  yang digunakan dapat mengeluarkan keluaran yang tepat
      4. Untuk mengetahui apakah informasi yang ditampilkan sudah lengkap
      5. Untuk mengetahui kesesuaian warna background pada website ini
      6. Untuk mengetahui apakah website yang dibuat memudahkan bagi pengguna
Tahap Distribusi
      Semua tahapan proses selesai dilakukan, dan hasil akhir dari projek ini akan diposting kedalam internet untuk dapat diakses pengguna diseluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s